Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR)

February 27, 2020 by RSI A.YANI
info-penyakit-01-01-1200x1200.jpg

Bayi berat lahir rendah (BBLR) merupakan suatu istilah yang digunakan untuk merujuk pada bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari 2.500 gram. Secara umum, bayi yang lahir cukup bulan memiliki berat badan antara 2.500 gram hingga 4.000 gram.
Berat lahir rendah sering kali disebabkan oleh persalinan dini (persalinan prematur), Bayi berat lahir rendah ditandai dengan berat badan yang kurang dari 2.500 gram pada saat lahir, baik pada bayi cukup bulan maupun bayi prematur. Bayi dengan berat lahir rendah akan tampak lebih kecil dari bayi dengan berat badan lahir cukup.
Seiring dengan bertambahnya kemajuan di bidang pelayanan bayi berat lahir rendah yang sakit, semakin banyak bayi dengan kondisi tersebut yang dapat tertolong. Namun, pencegahan persalinan prematur merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah bayi berat lahir rendah.
Pemantauan prenatal secara rutin merupakan cara yang paling baik untuk mencegah persalinan prematur dan bayi berat lahir rendah. Pada saat kunjungan pemeriksaan kandungan, tenaga kesehatan akan memeriksa kesehatan ibu dan janin.
Selain itu, penting untuk menerapkan pola makan yang sehat selama kehamilan. Hal ini dapat membantu memastikan bahwa peningkatan berat badan ibu dan janin berlangsung sesuai tahap kehamilan. Ibu hamil juga disarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol, merokok, atau menggunakan obat-obatan terlarang, yang juga dapat menyebabkan berat badan lahir rendah pada bayi.

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

Recent Posts

Copyright by Markbro 2018. All rights reserved.