Manfaat Buah dan Sayur

July 22, 2019 by RSI A.YANI0
506765_620.jpg

Wortel

Memiliki 2 manfaat untuk tubuh kita. Yang pertama, memiliki Golongan : Karotenoid, Senyawa : Beta karotin, dan Fungsi : Menetralisasi radikal bebas yang dapat merusak sel, meningkatkan pertahanan antioksidan seluler, dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Yang kedua memiliki Golongan : Vitamin, Senyawa : A, dan Fungsi :Menjaga kesehatan mata, fungsi kekebalan dan kesehatan tulang, berperan dalam menjaga integritas sel.

Bayam

Memiliki 3 manfaat untuk tubuh kita. Yang pertama, memiliki Golongan : Karotenoid, Senyawa : Lutein, zeaxantin, dan Fungsi : Menjaga kesehatan mata.

Yang kedua memiliki Golongan : Isotianat, Senyawa : Magnesium, dan Fungsi : Menjaga fungsi otot dan saraf normal, serta fungsi kekebalan kesehatan tulang.

Yang ketiga memiliki Golongan : Vitamin, Senyawa : A, dan Fungsi : Menjaga kesehatan mata, fungsi kekebalan dan kesehatan tulang, berperan dalam menjaga integritas sel.

Kembang Kol, Brokoli, Kubis

Kembang Kol, memiliki Golongan : Isotianat, Senyawa : Sulforafan, zeaxantin, dan Fungsi : Meningkatkan detoksifikasi senyawa – senyawa yang tidak diinginkan dan meningkatkan pertahanan antioksidan.

Brokoli, memiliki Golongan : Isotianat, Senyawa : Sulforafan, dan Fungsi : Meningkatkan detoksifikasi senyawa – senyawa yang tidak diinginkan dan meningkatkan pertahanan antioksidan.

Kubis, memiliki Golongan : Isotianat, Senyawa : Sulforafan, dan Fungsi : Meningkatkan detoksifikasi senyawa – senyawa yang tidak diinginkan dan meningkatkan pertahanan antioksidan.

Jagung

Memiliki 2 manfaat untuk tubuh kita. Yang pertama, memiliki Golongan : Karotenoid, Senyawa : Lutein, zeaxantin, dan Fungsi : Menjaga kesehatan mata.

Yang kedua memiliki Golongan : Serat pangan, Stanol/sterol tanaman, Senyawa : Serat tak larut, Stanol/sterol bebas, dan Fungsi : Menjaga kesehatan fungsi pencernaan dan menurunkan resiko beberapa jenis kanker, Mengurangi resiko penyakit jantung koroner (PJK).

Jeruk

Memiliki 5 manfaat untuk tubuh kita. Yang pertama, memiliki Golongan : Karotenoid, Senyawa : Lutein, zeaxantin, dan Fungsi : Menjaga kesehatan mata.

Yang kedua memiliki Golongan : Serat pangan, Senyawa : Serat larut, dan Fungsi : Mengurangi resiko penyakit jantung koroner (PJK) dan beberapa jenis kanker.

Yang ketiga memiliki Golongan : Flavonoid, Senyawa : Flavonon (hesperitin, naringenin) , dan Fungsi : Menetralkan radikal bebas yang dapat merusak sel dan meningkatkan antioksidan seluler.

Yang keempat memiliki Golongan : Asam-asam fenolat, Vitamin, Senyawa : Asam kafeat, asam ferulat, C, dan Fungsi : Meningkatkan pertahanan antioksidan seluler, berperan dalam menjaga kesehatan pengelihatan dan jantung, Menetralisasi radikal bebas yang dapat merusak sel, berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan fungsi kekebalan.

Yang kelima memiliki Golongan : Vitamin, Senyawa : B9, dan Fungsi : Mengurangi resiko wanita melahirkan bayi dengan cacat otak atau saraf tulang belakang.

Tomat, Semangka, Anggur

Tomat, memiliki Golongan : Karotenoid, Senyawa : Likopen, dan Fungsi : Menjaga kesehatan prostat.

Semangka, memiliki Golongan : Karotenoid, Senyawa : Likopen, dan Fungsi : Menjaga kesehatan prostat.

Anggur, memiliki 2 manfaat untuk tubuh kita. Yang pertama, Golongan : Karotenoid, Flavoid, Senyawa : Likopen, Antioksidan (sianidin, delfindin, malvidin), dan Fungsi : Menjaga kesehatan prostat, Meningkatkan pertahanan antioksidan seluler dan berperan dalam menjaga otak tubuh

Yang kedua memiliki Golongan : Flavoid, Senyawa : Proantosianidin, dan Fungsi : Menjaga kesehatan kandung kemih dan jantung.

Apel

Memiliki 2 manfaat untuk tubuh kita. Yang pertama, memiliki Golongan : Serat pangan, Senyawa : Serat larut, Flavonol (katekin, epikatekin, epigalokatekin, prosianidin), dan Fungsi : Mengurangi resiko penyakit jantung koroner (PJK) dan beberapa jenis kanker Menjaga kesehatan jantung.

Yang kedua memiliki Golongan : Asam – asam fenolat, Senyawa : Asam Kafeat, Asam Ferulat, dan Fungsi : Meningkatkan pertahanan antioksidan seluler, berperan dalam menjaga kesehatan pengelihatan dan jantung.

Alpukat, Berry, Cerry, Stroberry

Alpukat, memiliki Golongan : Asam lemak, Senyawa : MUFA, dan Fungsi : Mengurangi resiko PJK.

Berry, memiliki Golongan : Flavonoid, Senyawa : Antosianin (sianidin, delfinidin, malvidin), dan Fungsi : Meningkatkan pertahanan antioksidan seluler dan berperan menjaga otak tubuh.

Cerry, memiliki Golongan : Flavonoid, Senyawa : Antosianin (sianidin, delfinidin, malvidin), dan Fungsi : Meningkatkan pertahanan antioksidan seluler dan berperan menjaga otak tubuh.

Stroberry, memiliki Golongan : Flavonoid, Senyawa : Proantosianidin, dan Fungsi : Menjaga kesehatan jantung dan kadung kemih.

Pir, Sayuran, Sayuran Hijau

Pir, memiliki Golongan : Asam – asam fenolat, Senyawa : Asam Kafeat, Asam Ferulat, dan Fungsi : Meningkatkan pertahanan antioksidan seluler, berperan dalam menjaga kesehatan pengelihatan dan jantung.

Sayuran, memiliki Golongan : Sulfida/tion, Senyawa : Dition, dan Fungsi : Meningkatkan detoksifikasi senyawa tidak diinginkan dalam menjaga kesehatan fungsi kekebalan.

Sayuran Hijau, memiliki Golongan : Flavonoid, Senyawa : Antosianin (sianidin, delfinidin, malvidin), dan Fungsi : Meningkatkan pertahanan antioksidan seluler dan berperan menjaga otak tubuh.

Stroberry, memiliki Golongan : Vitamin, Senyawa : B9, dan Fungsi : Mengurangi resiko wanita melahirkan bayi dengan cacat otak atau saraf tulang belakang.

Cara memilih Sayur dan buah sehat

  1. Untuk sayuran daun, pilihlah sayuran yang masih utuh dan segar, berwarna cerah, belum menguning dan tidak buram
  2. Untuk sayuran akar/umbi, pilihlah umbi yang tidak berlubang, tidak lunak atau berair, dan kulit umbi tidak terluka atau memar
  3. Untuk sayuran buah, pilihlah sayuran buah yang masih utuh, tidak pecah atau memar, tidak berair, tidak lunak dan tidak busuk
  4. Untuk sayuran bunga, pilihlah sayur yang masih utuh dan segar

Cara Memilih Buah

  1. Pilihlah buah masak dan utuh. Buah yangt masak optimal akan mempunyai rasa manis segar
  2. Buah mempunyai licin dan tidak keriput
  3. Warna segar dan padat
  4. Berbau harum (untuk beberapa jenis buah tertentu)

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

Copyright by Markbro 2018. All rights reserved.