Manfaat Olahraga untuk Karyawan

July 19, 2019 by RSI A.YANI
42
43
44

Kesibukan bekerja seringkali menjadi rintangan bagi pekerja kantoran yang ingin berolahraga secara rutin. Padahal, manfaat olahraga bagi pekerja kantoran tidak sebatas untuk menurunkan berat badan ataupun menjaga tubuh tetap bugar. Masih ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dengan melakukan kegiatan ini.

Berolahraga dapat meningkatkan produktivitas kerja dengan beberapa cara. Selain menjadi lebih aktif, kamu juga tidak cepat lelah ataupun terserang penyakit akibat kurangnya aktivitas fisik. Penasaran, apa lagi manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berolahraga? Berikut deretannya.

1. Membantu mengelola stres

Stres akibat beban pekerjaan memang tidak dapat dihindari, tapi kamu bisa mengelolanya dengan berbagai cara. Karyawan dengan jadwal yang padat umumnya akan mengalihkan stres dengan melakukan kegiatan yang disukai atau menghabiskan waktu dengan orang terdekat.

Namun, selain beberapa hal di atas, berolahraga juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengelola stres. Pasalnya, berolahraga akan memberikan efek relaksasi, meningkatkan mood, serta menurunkan risiko depresi.

Jika dilakukan secara rutin, kegiatan ini akan membantu kamu mengendalikan stres sehingga tidak memengaruhi produktivitas kerja sehari-hari.

2. Memberikan energi untuk beraktivitas

Sekalipun dilakukan dalam waktu singkat, kegiatan olahraga akan memicu pelepasan hormon endorfin menuju aliran darah. Endorfin adalah salah satu jenis hormon yang memberikan pengaruh baik bagi tubuh, di antaranya meningkatkan mood serta menambah kekuatan dan stamina.

Stamina yang cukup dan suasana hati yang positif adalah sumber energi terbaik untuk menjalankan pekerjaan dengan produktif. Kamu akan menjadi lebih awas saat bekerja dan tidak mudah merasa mengantuk. Lambat-laun, performa kerja pun turut meningkat.

3. Meningkatkan kinerja otak

Selain endorfin, hormon lain yang meningkat karena aktivitas fisik adalah serotonin. Pelepasan serotonin akan meningkatkan suasana hati, meningkatkan ketajaman berpikir, dan menjaga kejernihan pikiran. Dengan kata lain, hormon ini bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak.

Guna memperoleh manfaat hormon endorfin, kamu hanya perlu berolahraga rutin selama 30 menit dalam sehari. Lakukan setidaknya selama 5 hari dalam seminggu. Kegiatan ini akan membuat kamu menjadi lebih fokus, teliti, dan produktif dalam menjalani pekerjaan.

4. Menurunkan risiko penyakit

Salah satu manfaat olahraga yang terbesar bagi pekerja kantoran adalah mencegah berbagai penyakit. Kegiatan ini menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, kolesterol tinggi, diabetes tipe 2, radang sendi, tekanan darah tinggi, osteoporosis, serta kehilangan massa otot.

Olahraga juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh sehingga kamu terlindung dari penyakit yang mudah menular, misalnya pilek dan batuk. Kendati ringan, pilek dan batuk dapat berlangsung lama dan terasa amat mengganggu. Dampaknya, produktivitas kerja menjadi menurun.

5. Membangun hubungan baik

Mood yang baik, pikiran yang jernih, dan stres yang terkelola dengan tepat membuatmu bisa berinteraksi dengan baik dengan rekan kerja maupun orang-orang di sekitarmu. Karena manfaat inilah, olahraga dinilai dapat memberikan dampak baik bagi hubungan personal pekerja kantoran.

Selain itu, olahraga juga terasa lebih menyenangkan bila kamu memiliki teman saat melakukannya. Teman berolahraga bisa berasal dari rekan-rekan kerja, pasangan, anggota keluarga, atau orang-orang baru yang kamu temui saat berolahraga di pusat kebugaran.

6. Kamu bisa mengonsumsi makanan kesukaanmu

Tubuh selalu membakar kalori, bahkan saat kamu beristirahat. Namun, jumlah kalori yang dibakar menjadi jauh lebih banyak ketika kamu berolahraga. Pasalnya, tubuh membutuhkan lebih banyak energi saat berolahraga agar fungsinya tetap berjalan dengan seimbang.

Ini memberikan keuntungan karena kamu bisa mengonsumsi makanan kesukaanmu tanpa khawatir akan menambah berat badan yang tidak diharapkan. Akan tetapi, kamu tetap tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi makanan tertentu.

Kenapa? Karena walaupun kalorinya sedikit, makanan kesukaanmu mungkin mengandung bahan tambahan yang merugikan kesehatan bila dikonsumsi berlebihan.

Rutinitas berolahraga bisa diawali dengan gerakan pemanasan sederhana sebelum berangkat kerja. Bila waktunya memadai, kamu bisa melakukan olahraga luar ruangan seperti berjalan kaki atau jogging. Apa pun jenisnya, manfaat olahraga untuk pekerja kantoran akan terasa bila dilakukan secara rutin.

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

Recent Posts

Copyright by Markbro 2018. All rights reserved.