Spesialis Paru

dr. Abdul Mukti, Sp.P


Jadwal Praktek


Senin, Rabu, dan Jumat
08.00-13.00



Pulmonologi adalah cabang ilmu kedokteran yang berfokus dalam menangani penyakit sistem pernapasan, khususnya pada saluran pernapasan atas, paru-paru, dan tabung bronkial. Pulmonologi dikenal dengan nama “pengobatan saluran pernapasan”, karena banyak berurusan dengan penyakit yang mengganggu saluran pernapasan dan ventilasi.

Dokter yang bekerja pada bidang ini disebut “spesialis pulmonologi”. Mereka merupakan spesialis penyakit dalam yang telah mengikuti pelatihan spesialis bidang pengobatan paru-paru. Para dokter ini harus lulus ujian sebelum mendapat sertifikasi dan izin praktik sebagai spesialis pulmonologi. Mereka dilatih untuk menangani masalah kondisi pernapasan yang umum dan kompleks, tapi kebanyakan hanya mereka yang mengalami masalah pernapasan berat yang mengunjungi spesialis pulmonologi.

Ada beberapa gejala yang bisa menandakan paru-paru Anda mengalami masalah, antara lain batuk yang tak kunjung sembuh, sesak napas, dan batuk berdarah. Jika mengalami gejala tersebut, sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Pada keadaan tertentu, dokter umum akan merujuk Anda ke dokter spesialis paru.

Beberapa kondisi yang bisa ditangani oleh dokter spesialis paru, seperti:

  • Asma
    Asmaterjadi karena peradangan pada saluran pernapasan dan menyebabkan penderitanya mengalami sesak napas dan napas berbunyi mengi. Gejala asma bisa muncul karena pengaruh infeksi, polusi, atau karena alergi.
  • Pneumonia
    Pneumonia merupakan penyakit infeksi pada paru-paru yang menyebabkan penderitanya dapat mengalami batuk, sesak napas, dan demam. Kondisi ini lebih berbahaya jika terjadi pada anak-anak, lanjut usia, atau mereka yang sistem sistem kekebalan tubuhnya lemah.
  • Penyakit paru interstisial
    Penyakit paru interstisial merupakan istilah medis untuk menjelaskan sekelompok masalah paru-paru yang memengaruhi jaringan paru. Gangguan pada jaringan ini dapat merusak struktur dan fungsi paru.
  • Bronkitis
    Bronkitismerupakan peradangan yang terjadi di saluran pernapasan karena adanya infeksi atau paparan polusi, seperti asap rokok, dalam jangka panjang. Kondisi ini menyebabkan penderitanya mengalami batuk-batuk yang disertai dengan dahak berwarna kuning, abu-abu, atau hijau.
  • Bronkiektasis
    Pada kondisi ini, saluran udara melebar secara tidak normal dan memproduksi lendir secara berlebihan. Timbulnya lendir itu menyebabkan paru-paru menjadi lebih rentan terhadap infeksi.
  • Penyakit paru obstruktif kronik
    Penyakit paru obstruktif kronikmerupakan penyakit paru-paru jangka panjang yang menggambarkan bronkitis kronik dan emfisema. Penderita penyakit ini umumnya akan mengalami batuk berdahak dan sesak napas dalam waktu yang lama karena penyumbatan di saluran pernapasan.
  • Penyakit paru okupasional
    Kondisi ini terjadi ketika penderitanya menghirup zat iritan tertentu seperti debu, bahan kimia, dan asap secara berlebihan karena risiko pekerjaan. Zat-zat yang dihirup itu menyebabkan paru-paru terganggu dan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Selain itu, dokter spesialis paru juga menangani berbagai penyakit dan gangguan pada organ paru lainnya, seperti tumor paru, emboli paru, efusi pleura, tuberkulosis, pneumothoraks, pembengkakan paru, dan gagal napas.


MOTO


Stop merokok mulai sekarang

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

Recent Posts

Copyright by Markbro 2018. All rights reserved.