Buah dan Sayur Rekomendasi untuk Penderita Anemia

January 6, 2024 by RSI A.YANI
artikel-2024-01-06T095558.594.png

Anda disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur penambah darah untuk mencegah dan mengobati anemia. Anemia adalah kelainan di mana tubuh tidak memproduksi cukup sel darah merah. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, yang paling umum adalah kekurangan atau kekurangan zat besi. Namun kelainan ini dapat diatasi atau bahkan dicegah dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya zat besi.

 

Jenis Buah dan Sayur yang Cocok Bagi Penderita Anemia

Anemia defisiensi besi dapat diobati dengan berbagai macam buah dan sayur penambah darah, antara lain:

  • Bayam
    Bayam merupakan salah satu sayuran penambah darah yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita anemia. 1 cangkir bayam (180 gram) mengandung kurang lebih 6,5 miligram zat besi. Bayam tidak hanya tinggi zat besi, namun juga memiliki kandungan kalsium, serat, protein, serta vitamin A dan E. Nah, agar nutrisi pada bayam dapat dimanfaatkan dengan baik oleh tubuh, Anda harus memperhatikan cara pengolahannya. Pilihlah bayam segar dan persiapkan terlebih dahulu agar lebih mudah diserap tubuh.
  • Kedelai
    Satu cangkir kedelai mengandung lebih dari 5 miligram zat besi. Tak hanya itu, kedelai juga kaya akan serat, protein, asam amino, asam folat, dan vitamin E. Asam folat atau sering disebut dengan vitamin B9 dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat. Hasilnya, kedelai memberikan dua unsur penambah darah sekaligus.
  • Brokoli
    Brokoli adalah sayuran lain yang masuk dalam daftar sayuran penambah darah. 1 mg zat besi terdapat dalam 1 porsi brokoli matang, setara dengan 150 gram. Brokoli mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi, yang dibutuhkan tubuh untuk membantu menyerap zat besi.
  • Orange
    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, vitamin C diperlukan untuk membantu penyerapan zat besi. Oleh karena itu, Anda juga sebaiknya mengonsumsi buah-buahan kaya vitamin C seperti jeruk untuk memastikan penyerapan zat besi berjalan lancar. Jeruk bisa utuh atau dijus untuk mendapatkan manfaat nutrisinya.
  • Kurma
    Kurma mempunyai khasiat meningkatkan tekanan darah serta rasanya yang nikmat. 4 buah kurma atau setara dengan 100 gramnya mengandung 1 mg zat besi yang bermanfaat untuk perkembangan sel darah merah. Kurma bisa dikonsumsi mentah atau diolah menjadi minuman penambah darah seperti jus kurma atau smoothies.

 

Jika Anda memiliki keluhan kesehatan dan membutuhkan penanganan untuk penyakit yang Anda alami, Anda bisa berkunjung ke RSI A. Yani agar segera mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyakit Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi kami di:

  • (031) 8284505

Atau Anda bisa mengunjungi RSI A. Yani diJl. Achmad Yani No.2-4, Wonokromo, Surabaya

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro