Spesialis Urologi

dr. Ariyo Sakso Bintoro, Sp.U


Jadwal Praktek

Silahkan Klik tombol dibawah untuk mendapatkan info jadwal praktek

Klik List jadwal Praktek


Urologi adalah ilmu kedokteran dengan ruang lingkup medis dan bedah yang berfokus pada perawatan penyakit saluran kemih, baik pada pria (juga sebagai organ reproduksi) maupun wanita. Urologi adalah ilmu kedokteran dengan ruang lingkup medis dan bedah yang berfokus pada perawatan penyakit saluran kemih, baik pada pria (juga sebagai organ reproduksi) maupun wanita.

Urologi berhubungan langsung dengan semua masalah yang terjadi pada beberapa organ ginjal, ureter, kantung kemih, uretra, kelenjar adrenal, serta sistem reproduksi pria meliputi testis, epididimis, prostat, penis, vas deferens, dan vesika seminalis. Sebab, sistem kemih berkaitan erat dengan sistem reproduksi, maka penyakit yang terjadi pada salah satu sistem tersebut akan berdampak langsung pada keduanya. Hal ini disebut juga dengan kondisi genitourinari. Berikut ini akan dibahas mengenai cakupan penyakit yang termasuk dalam urologi, antara lainĀ infeksi saluran kemih, hiperplasia prostat, kanker prostat, batu ginjal, dan masih banyak lagi.

Cukup miris juga ternyata masih banyak masyarakat yang belum tau istilah “Dokter ahli urologi”. Contohnya pagi tadi waktu saya mau mengurus asuransi di salah satu bank pemerintah terbesar di Indonesia. Ternyata pegawai bank tersebut tidak tau apa itu dokter spesialis urologi. Selama ini yg dia tau spesialis neurologi, orthopedi, internis dsb.
Kalau dipikir kembali rasanya tidak mengherankan juga karena jumlah dokter urologi di Indonesia saat ini hanya kurang dr 300 orang. Beda halnya dgn spesialis lain yg mungkin sdh ribuan dokter.
Mungkin saya akan menjelaskan sedikit dari apa saja pekerjaan yg ditangani oleh dokter urologi disini. Dokter spesialis urologi (dari kata uro: urin dan logi: ilmu) atau disebut urolog, menangani penyakit saluran kencing dan reproduksi pria yg memerlukan pembedahan, namun ada juga beberapa penyakit yg ditangani tanpa pembedahan.
Urolog saat ini cenderung melakukan operasi dgn cara bedah minimal invasif, artinya pembedahan dgn luka sayatan yg minimal bahkan tanpa luka sayat sama sekali.
Jadi kalau ada pasien batu ginjal misalnya, bisa saja dioperasi tanpa luka sayat sama sekali.


MOTO


Hidup bahagia dengan menjaga kesehatan kita

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

Recent Posts

Copyright by Markbro 2018. All rights reserved.