Hari Gizi Nasional

January 27, 2020 by RSI A.YANI
hari-gizi-01-01-1200x1200.jpg

GIZI 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan)

By Agus Sri Wardoyo (Ketua Persagi Jatim)
Tanggal 25 Januari adalah Hari Gizi Nasional.

Tema tahun 2020 adalah Gizi Optimal untuk Generasi Milenial.

Milenial yang sebentar lagi akan menjadi ayah dan ibu generasi ini. Selalu akan kita hubungkan dengan Gizi 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan).
Konon 1000 hari pertama kehidupan manusia menurut penelitian sangat berengaruh terhadap kesehatan manusia selanjutnya.
Periode ini menjadi peletak dasar perkembangan dan pertumbuhan manusia. Bahkan dapat mempengaruhi sumber daya manusia selanjutnya.

1000 hari pertama kehidupan manusia, dimulai pada saat konsepsi (pertemuan sel telur dan sperma dalam tuba falopi), kemudian berlanjut sampai lahir selama 280 hari. Kemudian mulai lahir sampai 2 tahun (720 hari). Sehingga total selama 1000 hari.

Masing-masing periode mempunyai karakteristik yang berbeda beda yang harus kita bersama perhatikan.
Pada masa konsepsi hingga lahir terjadi proses kehamilan dan pertumbuhan janin. Juga pada masa itu terjadi pertumbuhan otak. Segera setelah konsepsi, terjadi pembangunan tinggi badan potensial (rapid increase in cell number), yang membutuhkan zat gizi mikro dan protein hingga berat kira-kira 20 mg. Kemudian masa selanjutnya sampai siap lahir terjadi proses pembangunan berat badan potensial (rapid increase in cell size) yang membutuhkan energi/kalori.
Kemudian setelah lahir hingga umur 2 tahun terjadi tumbuh kembang bayi dan anak dimana terjadi pencapaian tinggi badan, berat badan, dan perkembangan yang optimal yang memerlukan seluruh zat gizi makro maupun mikro secara seimbang.

Yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :

Pada masa dalam kandungan, pastikan ibu memiliki status gizi baik sebelum maupun selama hamil tidak mengalami lurang gizi kronik maupun menderita anemia. Selama hamil ibu mengkonsumsi makanan bergizi sesuai kebutuhan, dengan porsi kecil tapi sering.
Ibu harus memperbanyak konsumsi sayur dan buah, juga Suplemen zat besi (Fe), Asam Folat, Vitamin C sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu dari kejadian anemia. Jangan lupa memeriksakan kehamilan secara rutin. Memasuki kehamilan Trimester ke 3, sebaiknya keluarga (ibu dan suami) sudah mendapatkan informasi tentang menyusui (ASI).
Pada umur 0 6 bulan (180 hari), bayi baru lahir harus mendapatkan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dukung ibu agar memberi ASI eksklusif dan memantau pertumbuhan secara teratur.
Pada Umur 6 -8 bulan (60 hari), Umur 8 -12 bulan (120 hari), dan Umur 12 -24 bulan (360 hari), Pastikan ibu mengetahui jenis dan bentuk makanan, serta frekuensi pemberian makanan yang tepat. Menu ini dikenal dengan sebutan Menu 4 Bintang, yang terdiri dari karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayur.
Aktiflah mengikuti penimbangan di Posyandu dan kegiatan rutin lain yang 100dukung kesehatan 100 HPK.

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

Recent Posts

Copyright by Markbro 2018. All rights reserved.