Mengontrol Peradangan untuk Mencegah Penyakit Jantung

April 18, 2024 by RSI A.YANI
artikel-2024-04-18T090050.737.png

Banyak dari Anda mungkin sudah mengetahui bahwa tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi adalah dua faktor risiko utama penyakit jantung. Meskipun demikian, apakah Anda pernah mendengar tentang peradangan? Studi terbaru menunjukkan bahwa peradangan sangat penting; mengurangi peradangan dapat mencegah stroke dan serangan jantung. Kontrol tekanan darah, kadar kolesterol, dan gula darah sama pentingnya dengan mengontrol peradangan. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk melindungi jantung kita dari dampak peradangan yang merusak.

 

Peradangan pada Penyakit Jantung

Sebagian dari respons imun seseorang terhadap penyakit atau cedera adalah peradangan. Peradangan melawan kuman dan mempercepat penyembuhan saat luka atau infeksi. Peradangan dapat terjadi karena kolesterol dan zat lain menumpuk di pembuluh darah arteri.

Kondisi radang menguntungkan dalam jangka pendek. Namun, peradangan yang berkelanjutan dapat menyebabkan iritasi pada pembuluh darah. Peradangan dapat menyebabkan plak muncul, yang membuat arteri rapuh, dan menyebabkan tersumbatnya darah, yang menyebabkan serangan jantung dan stroke. Serangan jantung terjadi ketika arteri jantung tersumbat oleh bekuan darah, dan stroke terjadi ketika arteri otak tersumbat.

 

Gaya Hidup untuk Melawan Peradangan

Kita dapat mengontrol peradangan dengan menghindari hal-hal yang menyebabkan peradangan. Gaya hidup ini juga dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol jahat, dan gula darah.

Anda dapat mengurangi peradangan dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Berhenti merokok. Merokok merusak pembuluh darah dan memicu aterosklerosis, dan berhenti merokok dapat menurunkan risiko penyakit jantung hampir 50%.
  • Menjaga berat badan sesuai dengan standar. Berlebihan berat badan meningkatkan risiko beberapa penyakit. Penanda risiko penyakit jantung adalah lemak di perut. Ini karena lemak di perut dapat menegluarkan molekul yang menyebabkan peradangan.
  • Meningkatkan aktivitas: Berolahraga setidaknya dua puluh menit setiap hari dapat membantu mengurangi peradangan. Ini tidak berarti Anda harus berolahraga dengan intensitas tinggi, tetapi olahraga sedang seperti berjalan cepat terbukti efektif.
  • Diet jantung sehat: Makanan yang diproses dan cepat saji dapat menyebabkan peradangan. Sebaliknya, makanan seperti ikan berlemak, biji-bijian, gandum utuh, kacang-kacangan, dan buah-buahan memiliki sifat anti-radang.

Peradangan kronik seringkali tidak menunjukkan gejala, jadi pemeriksaan darah diperlukan untuk mengetahuinya. Namun, orang seringkali tidak melakukan pemeriksaan peradangan secara teratur. Salah satu cara mudah untuk mengurangi risiko peradangan dan penyakit jantung adalah dengan menjalani gaya hidup yang sehat.

 

Jika Anda memiliki keluhan kesehatan dan membutuhkan penanganan untuk penyakit yang Anda alami, Anda bisa berkunjung ke RSI A. Yani agar segera mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyakit Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi kami di:

  • (031) 8284505

Atau Anda bisa mengunjungi RSI A. Yani di Jl. Achmad Yani No.2-4, Wonokromo, Surabaya

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro