Departemen

Spesialis Bedah Syaraf



Spesialis Bedah Syaraf

Bedah saraf merupakan bidang kesehatan khusus yang berpusat pada pencegahan, diagnosis, pengobatan, dan rehabilitasi gangguan yang menyerang sistem saraf, yang meliputi otak, sumsum tulang belakang, dan saraf perifer. Bidang ini menangani seluruh sifat-sifat penyakit termasuk penyakit bawaan, trauma, terkait dengan infeksi, dan degeneratif.


Dokter spesialis bedah saraf atau dikenal juga sebagai neurosurgeon, memiliki keahlian untuk melakukan perawatan sistem saraf, termasuk otak, sumsum tulang belakang, dan seluruh saraf yang memanjang dari sumsum tulang belakang.

Jenis subspesialis bedah saraf
Sistem saraf manusia memiliki jaringan kompleks. Fungsi utama sistem saraf adalah membawa pesan dari otak dan saraf tulang belakang ke berbagai organ tubuh. Begitu juga sebaliknya, organ tubuh menyampaikan pesan ke otak dan saraf tulang belakang berkat sistem saraf.

Melalui sistem saraf, tubuh dapat bergerak, merasakan rangsangan fisik, berbicara, mendengar, berbicara, dan sebagainya.

Bedah Saraf Fungsional
Seorang Dokter Spesialis Bedah Saraf Fungsional dapat diandalkan untuk mengatasi sejumlah gangguan pada sistem saraf yang mengatur gerakan atau motorik tubuh terkait penerimaan rangsang atau sensorik.

Beberapa kondisi medis yang dapat ditangani yaitu sindrom nyeri, gangguan koordinasi tubuh, epilepsi, cerebral palsy, dan gangguan terkait kekakuan atau kelenturan tubuh lainnya.

Bedah Saraf Vaskular
Selanjutnya merupakan jenis subspesialis bedah saraf yang memiliki keahlian dalam mendiagnosa dan menangani kondisi medis yang terkait pembuluh darah di otak.

Kondisi medis yang dapat ditangani Dokter Bedah Saraf Vaskular diantaranya penyakit stroke, aneurisma otak, fistula, hingga kelainan bentuk pembuluh darah di otak (malformasi arteri vena).

Bedah Saraf Tulang Belakang (Spinalis)
Apabila Sahabat MIKA memiliki permasalahan pada saraf tulang belakang, toraks, dan leher maka bisa menemui Dokter Bedah Saraf dengan subspesialisi tulang belakang.

Sejumlah masalah medis yang dapat diatasi seperti saraf kejepit, artritis pada cakram tulang belakang, tekanan saraf tulang belakang yang disebabkan oleh trauma, atau spondylosis.

Bedah Tengkorak
Gangguan yang terjadi pada tengkorak maupun dasar tengkorak dapat diatasi oleh Dokter Bedah Tengkorak.

Kondisi medis terkait gangguan pada tengkorak yang dimaksud seperti tumor otak, infeksi, perdarahan di dasar tengkorak, hingga herniasi otak.

Bedah Saraf Pediatrik
Apabila kondisi medis terkait saraf terjadi pada anak-anak dan bayi, maka dapat ditangani oleh Bedah Saraf Pediatrik.

Prosedur bedah saraf dapat dilakukan pada sejumlah kondisi seperti kelainan bentuk kepala dan wajah, cacat tulang belakang (spina bifida), hidrosefalus, tumor otak dan jaringan saraf pada anak.



Bedah Saraf Onkologi
Sementara itu, jika kondisi medis terkait neuro-onkologi seperti karena kanker otak atau gangguan pada saraf tulang belakang, maka Bedah Saraf Onkologi-lah yang dapat menangani.

Spesialis Bedah Saraf Onkologi dapat melakukan tindakan operasi pengangkatan bedah, terapi radiasi, hingga kemoterapi.

Bedah Saraf Traumatik
Terakhir, ada subspesialis bedah saraf trauma yang memiliki keahlian khusus menangani penyakit saraf pada otak dan tulang belakang yang disebabkan oleh cedera.

Daftar kondisi medis yang ditangani Dokter Spesialis Bedah Saraf
Ada beberapa kondisi medis yang dapat ditangani oleh Dokter Spesialis Bedah Saraf, berikut ini diantaranya:

• Meningitis: infeksi serius pada bagian luar otak atau sumsum tulang belakang dengan gejala berupa demam yang berlangsung lebih lama dan lebih parah.
• Herniasi diskus tulang belakang, yang disebut cedera hernia tulang belakang.
• Penyakit Parkinson
• Gangguan kejang, seperti epilepsi
• Tumor otak
• CTS (Carpal Tunnel Syndrome) yang terjadi saat saraf di dalam pergelangan tangan terhimpit atau tertekan sehingga menimbulkan nyeri, mati rasa kesemutan, atau kelemahan d tangan dan pergelangan tangan.
• Kebocoran cairan serebrospinal (CSF)
• Nyeri kronis di punggung atau leher
• Kondisi otak bawaan, seperti malformasi Chiari dan kista arachnoid
• Kondisi tulang belakang bawaan, seperti spina bifida dan sumsum tulang belakang yang ditambatkan.
• Tremor esensial
• Hidrosefalus
• Aneurisma otak
• Saraf terjepit
• Fraktur tulang belakang
• Tumor tulang belakang
• Kelainan bentuk tulang belakang, seperti skoliosis dan spondylolisthesis
• Cedera kepala, otak , leher atau tulang belakang traumatis.

jika gangguan pada sistem saraf akan berbahaya jika tidak ditangani dan diobati segera.

Jangan abai apabila menemukan tanda-tanda dan gejala gangguan pada otak dan saraf seperti sakit kepala yang berat dan menetap, kejang-kejang, koordinasi gerak pada bagian tubuh tertentu tidak terkontrol, mudah lupa, dan sebagainya.

Dengan menemui Dokter Spesialis Bedah Saraf, maka Anda akan mendapatkan penanganan yang lebih cepat dan tepat.


DOKTER KAMI




















MOTO


melakukan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Lihat Jadwal Praktek

Cek jadwal praktek dokter terbaru kami dengan klik link disamping

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

Powered by Markbro 2023. All rights reserved.