Departemen

Spesialis Bedah TKV



Spesialis Bedah TKV

Operasi toraks adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari diagnosis dan tindakan operasi untuk gangguan kesehatan yang disebabkan oleh penyakit atau cedera pada kerongkongan, paru-paru, dan organ tubuh lain yang ada di dada. Operasi toraks akan membutuhkan keahlian dari banyak dokter bedah, termasuk dokter bedah kardiotoraks, dokter spesialis penyakit jantung bawaan, dokter toraks umum, dan dokter bedah kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).


Dokter bedah toraks dan kardiovaskular adalah dokter spesialis yang menangani penyakit di organ dalam rongga dada, terutama jantung dan paru-paru. Dokter spesialis ini juga memiliki keahlian dalam mendiagnosis, memberikan obat, hingga melakukan penanganan dengan cara operasi.

Untuk menjadi dokter bedah toraks dan kardiovaskular (Sp.BTKV), seorang dokter umum harus menempuh dan menyelesaikan pendidikan spesialis di bidang bedah toraks, kardiak, dan vaskular selama kurang lebih 10 semester atau 5 tahun.

Dalam menentukan masalah kesehatan atau diagnosis penyakit pasien, dokter bedah toraks dan kardiovaskular akan melakukan serangkaian pemeriksaan yang meliputi riwayat penyakit yang diderita, gejala yang dirasakan, pemeriksaan fisik, hingga pemeriksaan penunjang, seperti:

• Tes darah dan urine
• Foto Rontgen dada, CT scan, MRI, dan angiografi
• EKG (elektrokardiogram)
• Ekokardiografi
• USG Doppler
• Biopsi jantung



Subspesialisasi Dokter Bedah Toraks dan Kardiovaskular
Cakupan bidang kerja dokter bedah toraks dan kardiovaskular cukup luas dan terbagi menjadi beberapa divisi khusus, yaitu:

Bedah dada atau toraks
Subspesialis ini melakukan operasi untuk menangani berbagai gangguan di area dada, termasuk paru-paru, dinding dada, esofagus, maupun diafragma.

Bedah jantung umum
Bidang ini menangani beragam jenis operasi gangguan jantung pada orang dewasa, seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, dan penyakit katup jantung.

Bedah jantung akibat penyakit bawaan
Subspesialis bedah toraks dan kardiovaskular ini menangani berbagai kasus penyakit jantung bawaan dengan metode operasi.

Selain berbagai hal di atas, dokter bedah toraks dan kardiovaskular juga ada yang mendalami bidang transplantasi organ di rongga dada, seperti transplantasi jantung dan paru-paru, atau secara khusus menangani kasus cedera pada rongga dada.

Tindakan yang Dapat Dilakukan Dokter Bedah Toraks dan Kardiovaskular
Setelah diagnosis dipastikan, dokter bedah toraks akan menentukan metode penanganan yang sesuai dengan kondisi pasien. Tujuannya adalah untuk mengembalikan fungsi organ dada, termasuk jantung dan paru-paru, agar dapat kembali berfungsi dengan baik.

Dengan penanganan yang tepat, risiko terjadinya komplikasi pun akan berkurang. Saat memberikan tindakan penanganan, dokter bedah toraks dan kardiovaskular akan menyarankan langkah penanganan nonbedah terlebih dahulu, seperti perubahan gaya hidup atau pemberian obat-obatan.


DOKTER KAMI



dr. Yul’aini Nurpatria Rachman, Sp.BTKV


















MOTO


Hidup bahagia dengan mengetahui cara merawat diri

Lihat Jadwal Praktek

Cek jadwal praktek dokter terbaru kami dengan klik link disamping

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

Powered by Markbro 2023. All rights reserved.