Departemen

Spesialis Neurologi (Saraf)



Spesialis Neurologi (Saraf)

Ahli dalam bidang ini disebut dokter spesialis neurologi, yaitu dokter khusus yang bertugas mendiagnosis dan mengobati penyakit yang berkaitan dengan sistem saraf, termasuk otak, otot, saraf tepi, dan saraf tulang belakang.


Neurologi adalah cabang ilmu medis yang mendalami seputar sistem saraf manusia, dan gangguan atau penyakit yang biasa menyerangnya. Ahli dalam bidang ini disebut dokter spesialis neurologi, yaitu dokter khusus yang bertugas mendiagnosis dan mengobati penyakit yang berkaitan dengan sistem saraf, termasuk otak, otot, saraf tepi, dan saraf tulang belakang.

Sebelum menjadi seorang spesialis dalam bidang neurologi, seorang dokter perlu menyelesaikan pendidikan spesialisasi di bidang neurologi. Secara umum, dokter spesialis neurologi dapat dibagi menjadi dua sesuai dengan metode perawatan yang diberikan, yaitu dokter bedah saraf dan dokter spesialis saraf yang menangani penyakit saraf dengan metode non-bedah. Nah, dokter bedah saraf ini merupakan sebutan untuk dokter spesialis neurosurgeon.

Berikut ini subspesialisasi bidang neurologi:

• Neurologi anak. Dokter spesialis konsultan neurologi anak lebih terfokus pada penanganan gangguan saraf pada anak, mulai dari bayi hingga remaja.
• Neurologi epilepsi. Jenis neurologi yang khusus dalam mendiagnosis dan menangani penyakit epilepsi.
• Neurologi vaskular. Bidang neurologi yang khusus mendalami dan mengobati penyakit pada pembuluh darah otak seperti stroke dan kelainan pembentukan pembuluh darah otak (Arteriovenous Malformation/AVM).
• Neurologi nyeri dan saraf tepi. Subspesialisasi dokter spesialis neurologi yang fokus dalam mendiagnosis dan menangani penyakit yang terkait dengan keluhan nyeri akibat gangguan saraf tepi dan otonom.
• Neurologi intervensi. Bidang neurologi yang fokus dalam mengobati kelainan sistem saraf pusat di otak dan saraf tulang belakang dengan teknologi radiologis dan metode penanganan invasif minimal.



• Neuro-onkologi. Dokter spesialis neuro-onkologi yang khusus menangani tumor ataupun kanker pada otak ataupun saraf tulang belakang.
• Neurologi geriatri. Bidang neurologi yang terfokus pada diagnosis dan pengobatan penyakit saraf akibat penuaan.
• Neurologi intensif dan emergensi. Salah satu subspesialis bidang neurologi yang khusus mendiagnosis, mengobati, dan merawat pengidap gangguan sistem saraf dengan kondisi kritis.

Adapun penyakit-penyakit yang dapat ditangani oleh dokter spesialis neurologi adalah stroke, epilepsi, tumor sistem saraf, multiple sclerosis, Alzheimer, gangguan gerak, myasthenia gravis, infeksi sistem saraf pusat, seperti meningitis, abses otak, dan radang otak (ensefalitis), gangguan saraf tulang belakang, neuropati perifer, tremor, penyakit Parkinson, saraf terjepit, serta nyeri terkait gangguan saraf. Satu hal yang perlu diketahui, dokter spesialis neurologi tidak menjalankan prosedur operasi.

Di dunia medis, bidang kerja dokter spesialis neurologi dapat dibedakan menjadi delapan subspesialisasi. Dokter spesialis yang telah mendalami pendidikan subspesialisasi disebut dengan konsultan. Pembagian bidang neurologi ini bertujuan untuk mempermudah dalam menangani gangguan sistem saraf.

Gangguan neurologis terdiri dari berbagai tingkatan, dan yang tidak begitu banyak ditemui, yaitu penyakit Lou Gehrig’s, demensia, sindrom Down, Bell’s Palsy, autisme, epilepsi, sindrom Guillain-Barre, meningitis, sindrom restless legs, stroke, ensefalitis, narkolepsi, dan lainnya.


DOKTER KAMI




















Lihat Jadwal Praktek

Cek jadwal praktek dokter terbaru kami dengan klik link disamping

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro