Waspada Dengan Makanan yang Mengandung Kolesterol Jahat Tinggi!

February 12, 2024 by RSI A.YANI
artikel-2024-02-12T114020.192.png

Makanan yang kita konsumsi juga dapat memengaruhi kadar kolesterol jahat yang tinggi. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengenali dan membatasi makanan yang mengandung kolesterol jahat jika kadarnya tidak terkontrol. Kolesterol jahat akan berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Tubuh membutuhkan kolesterol sebagai salah satu lemak dalam darah untuk menghasilkan hormon dan sel baru. Secara umum, ada dua jenis kolesterol: kolesterol jahat (low density lipoprotein atau LDL) dan kolesterol baik (high-density lipoprotein atau HDL).

Karena kolesterol LDL disebut sebagai kolesterol jahat, kadarnya yang terlalu tinggi dapat menyebabkan pembentukan plak yang menyumbat dinding pembuluh darah (aterosklerosis), yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Di sisi lain, kadar kolesterol baik yang tinggi, juga dikenal sebagai HDL, dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat.

 

Apa Saja Makanan Yang Tinggi Kolesterol

Meskipun organ hati menghasilkan kolesterol secara alami, berbagai makanan juga dapat menghasilkannya. Kolesterol jahat dalam makanan bervariasi, dengan beberapa makanan memiliki kadar yang tinggi sedangkan yang lain memiliki kadar yang rendah. Berikut adalah beberapa contoh makanan yang memiliki kolesterol jahat:

  • Iga steak
    Steak iga memiliki banyak kolesterol, dengan 11 gram lemak per porsi. Sebagian besar lemak ini adalah lemak jenuh dan kolesterol jahat, jadi jika Anda ingin menjaga kadar kolesterol Anda, batasi konsumsi steak iga. Anda dapat memilih daging bagian lain dengan kandungan lemak lebih rendah, seperti sirloin.
  • Jeroan
    Jeroan mengandung banyak protein dan vitamin dan mineral, seperti vitamin A dan zat besi, tetapi juga mengandung kolesterol jahat yang tinggi, jadi tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Selain itu, jeroan banyak mengandung purin, yang dapat meningkatkan asam urat.
  • Gorengan
    Hampir semua orang suka gorengan, seperti kentang dan ayam goreng. Namun, berhati-hatilah saat makan gorengan karena mengandung banyak kalori dan banyak lemak jenuh dan lemak trans yang dapat meningkatkan kolesterol jahat. Karena suhu tinggi yang digunakan selama proses menggoreng dapat mengurangi jumlah nutrisi dalam makanan, makanan yang digoreng biasanya kurang sehat.
  • Makanan cepat saji
    Makanan cepat saji seperti pizza, hamburger, dan hotdog dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik, sama seperti gorengan. Makan makanan cepat saji sesekali mungkin masih aman, tetapi terlalu sering atau terlalu banyak akan menyebabkan hal yang sebaliknya terjadi. Makanan yang tidak sehat ini dapat meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, dan bahkan kanker.
  • Lobster
    Salah satu jenis seafood yang tinggi kolesterol adalah lobster. Ada sekitar 145 miligram kolesterol di setiap 100 gram lobster, yang merupakan sekitar 70% dari rekomendasi batas asupan kolesterol harian. Bahkan lobster yang disajikan dengan saus mayones atau makanan lain yang digoreng dapat meningkatkan tingkat kolesterol jahat.

 

Jika Anda memiliki keluhan kesehatan dan membutuhkan penanganan untuk penyakit yang Anda alami, Anda bisa berkunjung ke RSI A. Yani agar segera mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyakit Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi kami di:

  • (031) 8284505

Atau Anda bisa mengunjungi RSI A. Yani di Jl. Achmad Yani No.2-4, Wonokromo, Surabaya

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro