Biji Chia Sebagai Sumber Nutrisi Tubuh

December 19, 2023 by RSI A.YANI
artikel-2023-12-19T090144.537.png

Nutrisi yang tepat merupakan komponen kunci dalam pencegahan berbagai penyakit yang berhubungan dengan situasi kehidupan modern. Kanker, depresi, diabetes, dan penyakit jantung koroner (PJK) adalah penyakit pembunuh utama yang disebabkan oleh pola makan yang buruk saat ini. Masalah terbesar saat ini dan di masa depan adalah menyediakan pangan yang cukup aman dan sehat bagi masyarakat. Makanan yang berasal dari hewan dan ikan, yang mengandung nutrisi penting seperti protein, lemak tak jenuh, dan mineral, akan terbatas. Seiring dengan meningkatnya kesadaran kesehatan global seiring dengan meningkatnya kejadian penyakit tidak menular, keinginan untuk menjalani gaya hidup yang lebih baik berdasarkan asupan makanan yang mencegah dan mengendalikan penyakit tidak menular juga meningkat.

Biji chia adalah biji minyak yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Mereka diproduksi untuk berbagai tujuan dan dibudidayakan secara luas di sejumlah negara. Biji chia dapat dimakan dan juga sebagai obat.

 

Apa Saja Manfaat Biji Chia Lainnya

  • Membantu dalam Pengendalian Berat Badan
    Biji chia mengandung serat dan protein yang dapat membantu Anda mengatur atau menurunkan berat badan. 28 gram chia seed menyediakan 10% serat yang dibutuhkan tubuh. Konsumsi serat dapat membantu menurunkan berat badan dan terhindar dari obesitas. Selain itu, kandungan protein pada biji chia turut berkontribusi terhadap keunggulan tersebut.
  • Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh
    Keunggulan lain dari chia seed adalah mampu meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan adanya beberapa asam amino endogen pada biji chia. Asam glutamat, aspartat, alanin, serin, dan glisin dapat diperoleh dari biji-bijian ini.
  • Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
    Biji chia kaya akan asam lemak omega-3 dan serat, keduanya bermanfaat bagi kesehatan jantung. Biji chia mengandung serat larut, yang membantu mengurangi kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung.
  • Meningkatkan Kesehatan Tulang
    Biji chia mengandung fosfor, kalsium, dan magnesium, yang merupakan elemen penting untuk kesehatan tulang. Memenuhi kebutuhan mineral tersebut dapat menyebabkan peningkatan kepadatan tulang, yang merupakan tanda kesehatan tulang.
  • Mengurangi Kadar Gula Darah
    Karena biji chia mengandung serat dan zat lainnya, maka dapat membantu mengatur kadar gula darah. Biji chia dapat meningkatkan sensitivitas insulin, membantu stabilisasi kadar gula darah setelah makan makanan tertentu.
  • Mencegah Paparan Radikal Bebas
    Keunggulan chia seed yang kedua adalah melindungi dari radikal bebas. Komponen antioksidan pada biji chia dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Paparan radikal bebas yang berlebihan dapat menyebabkan stres oksidatif dan kerusakan sel.
  • Pengurangan Peradangan pada Tubuh
    Peradangan kronis pada tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan kanker. Asam kafein, sejenis antioksidan yang terdapat pada biji chia, berfungsi melindungi tubuh dari potensi peradangan. Selain itu, chia seed mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3, seperti asam lemak omega-6, membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.
  • Menghilangkan Sembelit
    Biji chia juga bisa digunakan untuk meredakan sembelit. Mengonsumsi serat yang cukup mungkin dapat membantu Anda dalam mengatasi sembelit. Hal ini terjadi karena serat dalam tubuh mempunyai kemampuan untuk meningkatkan jumlah air dalam tinja. Akibatnya, tekstur feses dalam tubuh akan melunak. Feses akan mudah keluar jika teksturnya halus dan tidak keras, meski dengan kontraksi otot ringan.
  • Tingkatkan Energi Anda
    Biji chia ini mengandung vitamin B, seng, zat besi, dan magnesium, yang semuanya membantu optimalisasi energi. Oleh karena itu, disarankan untuk dikonsumsi setelah berolahraga atau selama masa pemulihan.
  • Jaga kesehatan kulit Anda.
    Seiring bertambahnya usia, kulit Anda mungkin menjadi lebih kendur. Biji chia dapat digunakan sebagai camilan bergizi untuk menjaga kesehatan kulit. Biji chia mengandung asam lemak omega-3 yang membantu kulit tumbuh lebih sehat dan kencang. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam biji chia melindungi tubuh dari sinar matahari yang dapat menyebabkan penuaan dini.
  • Menurunkan risiko terkena stroke
    Keunggulan lain dari chia seed adalah menurunkan risiko stroke. Hal ini disebabkan adanya asam lemak omega-3 bermanfaat dalam biji chia.
  • Pencegahan Kanker Kolorektal
    Biji chia kaya akan serat, yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan usus. Risiko kanker kolorektal dapat dikurangi dengan mengonsumsi makanan kaya serat.
  • Menjaga Kesehatan Hati Anda
    Biji chia kaya akan antioksidan seperti asam klorogenat, asam caffeic, myricetin, quercetin, dan kaempferol. Antioksidan ini bermanfaat bagi jantung dan hati.
  • Mencegah Artritis Reumatoid
    Biji chia mengandung asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bahan ini berpotensi menurunkan risiko penyakit rheumatoid arthritis pada tubuh.
  • Mengurangi kolesterol
    Biji chia merupakan salah satu bentuk makanan bergizi yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Oleh karena itu, sangat tepat untuk mengonsumsi hidangan ini secara rutin agar kadar kolesterol tetap terkendali.
logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro