Dampak Yang Disebabkan Anemia Pada Remaja

October 7, 2023 by RSI A.YANI
artikel-19.png

Saat menginjak usia remaja, tentu Anda ingin mengeksplorasi berbagai minat dan hobi. Oleh karena itu, penting bagi remaja untuk menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Anemia merupakan salah satu kelainan yang harus diwaspadai. Anemia adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh tidak memproduksi cukup sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Hal ini menyebabkan organ tubuh kekurangan oksigen sehingga mengakibatkan kulit menjadi pucat dan mudah lelah.

 

Dampak Penyakit Anemia pada Remaja

Tak hanya itu, anemia menimbulkan berbagai masalah kesehatan, antara lain sebagai berikut:

  • Defisiensi imun
  • Konsentrasi berkurang
  • Mengamati menurunnya prestasi akademik
  • Menjadi tidak bugar dan menderita mengurangi produktivitas

Anemia dapat meningkatkan risiko kematian saat melahirkan, kelahiran dini, dan berat badan bayi rendah pada remaja putri.

 

Tips Mencegah Anemia pada Remaja

Adanya berbagai penyakit akibat anemia pada remaja diharapkan dapat meningkatkan kesadaran di kalangan remaja sehingga mereka dapat mulai menerapkan berbagai jenis pencegahan anemia, seperti mengonsumsi makanan tinggi zat besi, asam folat, vitamin A, C, Zinc, dan meminum tablet suplemen darah.

Terus terapkan pilihan hidup yang baik dan segera kunjungi puskesmas setempat untuk melakukan evaluasi begitu Anda melihat tanda-tanda anemia sehingga Anda bisa mendapatkan pengobatan sesegera mungkin.

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro