Takut Gigi Berlubang? Cegah dengan Cara Ini!

May 17, 2024 by RSI A.YANI

Untuk mencegah gigi keropos, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

  • Menjaga kebutuhan nutrisi
    Mengikuti nutrisi yang tepat akan membantu Anda mendapatkan enamel yang lebih kuat. Kalsium adalah nutrisi terbaik untuk menjaga kesehatan gigi Anda, jadi mulailah mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium seperti susu dan keju. Selain itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang rendah lemak yang mengandung banyak kalsium.
  • Mengurangi asupan tepung dan gula
    Hindari mengonsumsi terlalu banyak camilan seperti keripik, permen, dan makanan berbahan dasar tepung atau gula jika Anda ingin menjaga enamel tetap sehat. Ini karena makanan ini mudah menempel disela-sela gigi dan rentan terhadap bakteri yang dapat mengikis lapisan enamel.
  • Menggunakan produk pembersih gigi yang mengandung fluoride
    Flouride dapat ditemukan dalam pasta gigi dan obat kumur. Jika digunakan dalam perawatan gigi sehari-hari, zat ini dapat membantu memperkuat enamel. Selain itu, fluoride juga dapat memperbaiki kerusakan gigi pada tahap awal.
  • Makan permen karet
    Mengunyah permen karet tanpa gula juga bisa menjadi cara lain untuk mencegah gigi keropos karena permen karet mengurangi produksi air liur di mulut. Namun, pastikan permen karet tanpa gula tidak memicu pertumbuhan bakteri di mulut.
  • Tingkatkan jumlah air yang diminum Anda
    Untuk mengurangi air ludah, minumlah setidaknya dua liter (8 gelas) air mineral setiap hari. Hal ini berfungsi sebagai pembersih gigi alami dan menghilangkan asam di rongga mulut. Demineralisasi gigi dapat terjadi dalam mulut yang asam (pH rendah).
  • Membersihkan gigi
    Lakukan penyikatan gigi dengan teknik dan frekuensi yang tepat, dan lakukan pembersihan mekanis tambahan dengan benang gigi, juga dikenal sebagai floss.
  • Menggunakan antimikroba untuk rongga mulut
    Obat kumur klorheksidin dapat digunakan untuk melawan bakteri di rongga mulut. Jangan gunakannya lebih dari dua minggu.
  • Mengurangi jumlah kafein dan alkohol yang dikonsumsi
    Mulut kering dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol dan kafein yang berlebihan, yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi.

Semua orang ingin memiliki gigi yang sehat. Jika Anda termasuk orang yang berisiko mengalaminya, mulailah rutin merawat gigi Anda untuk menjaga kesehatan gigi Anda hingga lanjut usia. Selain itu, jangan lupa untuk pergi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk memeriksa kondisi mulut dan gigi Anda.

 

Jika Anda memiliki keluhan kesehatan dan membutuhkan penanganan untuk penyakit yang Anda alami, Anda bisa berkunjung ke RSI A. Yani agar segera mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyakit Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi kami di:

  • (031) 8284505

Atau Anda bisa mengunjungi RSI A. Yani di Jl. Achmad Yani No.2-4, Wonokromo, Surabaya

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro