Tips Mengatasi Telinga Berdengung Secara Alami

January 17, 2024 by RSI A.YANI
artikel-2024-01-17T101828.082.png

Cara mengatasi telinga berdenging kronis secara alami mungkin bisa menjadi pilihan terapi yang patut dipertimbangkan. Beberapa bahan alami, termasuk ginkgo biloba dan ginseng, terbukti membantu mengurangi telinga berdenging atau berdenging.

Hingga saat ini, belum ada obat khusus untuk mengatasi telinga berdenging kronis atau tinitus. Masalah ini terkadang dapat teratasi dengan sendirinya, namun terkadang dapat memburuk seiring berjalannya waktu. Sebagai alternatifnya, Anda bisa mencoba berbagai pengobatan alami untuk meredakan telinga berdenging kronis.

Jika tidak ditangani dengan baik, telinga berdenging kronis dapat menyebabkan ketegangan, sulit tidur, masalah fokus, migrain, kecemasan, bahkan depresi. Semua faktor ini tidak diragukan lagi dapat memperburuk gejala yang ada.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Telinga Beerdengung Terus-menerus Secara Alami

Telinga berdenging terus menerus dapat disebabkan oleh berbagai macam keadaan, antara lain paparan suara keras, penumpukan kotoran atau cairan di telinga, usia, penggunaan obat-obatan tertentu, dan trauma kepala atau leher. Jika banyak terapi telah dicoba tetapi tidak efektif, Anda dapat mempertimbangkan pilihan terapi alami. Berikut adalah beberapa solusi alami untuk telinga berdenging kronis:

  • Pembersihan telinga di rumah
    Pengobatan telinga berdenging harus disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya. Jika karena penumpukan kotoran, gunakan obat tetes telinga yang dijual bebas untuk membersihkannya. Obat ini bekerja dengan cara melunakkan kotoran di telinga sehingga lebih mudah dihilangkan.
    Selain obat-obatan, Anda bisa menyembuhkan telinga berdenging kronis secara alami menggunakan baby oil, minyak mineral, atau larutan hidrogen peroksida. Jika telinga Anda berdenging terus atau memburuk, temui dokter. Biasanya, dokter akan menggunakan irigasi telinga untuk mengurangi penumpukan kotoran.
  • Dengarkan white noise
    Untuk meredakan telinga berdenging kronis secara alami, pertimbangkan untuk mendengarkan white noise. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan white noise dapat membantu mengurangi telinga berdenging. Ini adalah jenis perawatan suara yang menggabungkan banyak suara untuk menggantikan suara mendengung dengan sesuatu yang lebih pelan dan mantap.
    Untuk mendengarkan white noise, manfaatkan suara dengungan kipas angin atau televisi. Selain itu, Anda dapat membeli mesin white noise atau menggunakan program khusus yang memutar suara alam, seperti suara ombak atau hujan.
  • Mengkonsumsi Ginkgo biloba
    Mengonsumsi ginkgo biloba merupakan salah satu teknik mengobati telinga berdenging kronis secara alami. Obat herbal ini sering diresepkan oleh para ahli THT sebagai terapi lini pertama untuk tinnitus parah.
    Beberapa penelitian menemukan bahwa ginkgo biloba dapat meningkatkan aliran darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi sel saraf. Berdasarkan temuan penelitian tersebut, dampak tersebut diketahui dapat meringankan gejala telinga berdenging kronis. Namun, jika Anda sedang menggunakan obat anticemas, antikejang, antidepresan, pengencer darah, atau diabetes, sebaiknya periksakan ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen ginkgo biloba.
  • Mengkonsumsi Ginseng Merah
    Selain ginkgo biloba, ginseng merah juga dapat digunakan untuk mengatasi telinga berdenging kronis secara alami. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi ginseng merah selama empat minggu mengurangi gejala telinga berdenging. Namun, efek ginseng merah untuk mengatasi telinga berdenging kronis perlu diteliti lebih lanjut.
  • Menjalani pengobatan akupunktur
    Berbagai penelitian menemukan bahwa terapi akupunktur dapat dimanfaatkan sebagai pilihan pengobatan alami untuk telinga berdenging kronis. Menurut penelitian terkini, akupunktur dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan suara mendengung.
    Selama perawatan akupunktur, terapis memasukkan jarum yang sangat kecil ke titik tertentu di telinga. Terapi alternatif ini diduga mampu menghilangkan sumbatan dan memperbaiki aliran energi (qi) dalam tubuh.
  • Berlatih meditasi kesadaran
    Anda juga dapat menggunakan meditasi kesadaran untuk meredakan telinga berdenging kronis secara alami. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meditasi mindfulness dapat membantu penderita tinitus mengalihkan fokus mereka dari sensasi yang tidak menyenangkan. Artinya, pasien tinitus akan belajar mengalihkan perhatiannya dari suara menderu di telinganya dan fokus pada hal lain. Selain itu, meditasi ini dapat membantu meredakan kekhawatiran dan ketegangan terkait telinga berdenging terus-menerus.
  • Latihan Yoga
    Jika telinga Anda terus berdenging, pertimbangkan untuk sering melakukan sesi yoga. Berlatih yoga setidaknya seminggu sekali dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, menenangkan pikiran, dan pada akhirnya meminimalkan gejala telinga berdenging kronis.
    Perawatan sehari-hari yang tepat, seperti membatasi paparan suara keras, dapat membantu mengurangi dan menghindari telinga berdenging. Jika Anda tidak dapat mencegahnya, kenakan pelindung telinga.

    • Jangan mendengarkan musik dengan volume berlebihan dengan headphone.
    • Batasi konsumsi alkohol, kafein, dan tembakau, karena dapat mengganggu aliran darah dan memperburuk telinga berdenging.
    • Tidur yang cukup, minimal 7-9 jam setiap malam.
    • Berolahragalah setidaknya tiga kali setiap minggu.

 

Jika Anda memiliki keluhan kesehatan dan membutuhkan penanganan untuk penyakit yang Anda alami, Anda bisa berkunjung ke RSI A. Yani agar segera mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyakit Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi kami di:

  • (031) 8284505

Atau Anda bisa mengunjungi RSI A. Yani di Jl. Achmad Yani No.2-4, Wonokromo, Surabaya

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro