Mengenal Uretritis Gonore

January 15, 2024 by RSI A.YANI
artikel-2024-01-15T102153.745.png

Uretritis gonore adalah sejenis uretritis yang berkembang ketika kuman penyebab gonore menyerang uretra. Uretra adalah saluran yang mengangkut urin dari kandung kemih ke luar tubuh.

Saat terinfeksi, uretra membengkak dan menimbulkan rasa tidak nyaman saat buang air kecil. Uretritis gonore menyebar melalui hubungan seksual tanpa kondom. Jika tidak diobati, infeksi bisa bertambah parah dan menyebar ke bagian tubuh lain.

 

Tanda dan Gejala Uretritis Gonore

Secara umum, kondisi urologi ini ditandai dengan adanya cairan berwarna putih susu pada urin. Gangguan ini juga dikenal sebagai “urin bernanah”. Selain itu, individu akan mengalami berbagai gejala tambahan.

Pria dengan uretritis gonore mungkin mengalami gejala seperti urin berwarna merah tua (hematuria), nyeri terbakar saat buang air kecil (disuria), demam (jarang), keluarnya cairan dari penis, gatal, kembung, dan nyeri saat diremas, serta rasa tidak nyaman saat ejakulasi.

Pada kebanyakan wanita, penyakit ini tidak menimbulkan gejala. Namun, infeksi dapat menyebabkan rasa berat di daerah panggul, yang sering kali disertai rasa sakit saat buang air kecil. Gejala lainnya antara lain demam, nyeri saat buang air kecil atau berhubungan seks, nyeri pada perut bagian bawah, keputihan, bau vagina yang tidak sedap, dan pembesaran kelenjar getah bening di panggul.

 

Penyebab Uretritis Gonore

Uretritis gonore disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi menular seksual. Akibatnya, mereka yang sering melakukan hubungan intim tanpa pengaman dan berganti-ganti pasangan lebih rentan terkena penyakit ini.

Selain itu, mereka yang memiliki riwayat penyakit menular seksual lainnya lebih mungkin terkena uretritis gonore. Bagi Anda yang daya tahan tubuhnya lemah juga harus mewaspadai penyakit ini.

 

Jika Anda memiliki keluhan kesehatan dan membutuhkan penanganan untuk penyakit yang Anda alami, Anda bisa berkunjung ke RSI A. Yani agar segera mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyakit Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi kami di:

  • (031) 8284505

Atau Anda bisa mengunjungi RSI A. Yani di Jl. Achmad Yani No.2-4, Wonokromo, Surabaya

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro