Yuk, Mengenal Aneurisma Aorta Abdominal (perut)

January 2, 2024 by RSI A.YANI
artikel-2024-01-02T133400.634.png

Ketika ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh kita, kita sering mendapat indikasi peringatan. Sensasi berdenyut atau “berdebar” di perut merupakan salah satu indikasi peringatan yang tidak boleh diabaikan. Meskipun pada awalnya tampak tidak berbahaya, hal ini kadang-kadang bisa menjadi indikasi penyakit yang berpotensi mengancam jiwa, terutama dilatasi darah besar-besaran di perut, yang juga dikenal sebagai aneurisma aorta perut AAA. Kita akan mengetahui apa itu AAA, mengapa penting untuk menyadarinya, dan bagaimana kita dapat melindungi diri dari potensi kesulitannya dalam postingan ini.

 

Apa Itu Aneurisma Aorta Perut (AAA)

Aorta adalah arteri darah utama tubuh. Aorta terbagi menjadi beberapa bagian, salah satunya adalah aorta perut. Aorta perut bertanggung jawab untuk mengangkut darah kaya oksigen dari jantung ke tubuh bagian bawah, termasuk perut dan kaki. Aneurisma adalah suatu kondisi di mana dinding arteri darah melemah dan menggembung. Aneurisma dapat terbentuk di arteri darah mana pun, termasuk di otak dan aorta. Aneurisma dapat memberikan tekanan pada jaringan tubuh dan organ di sekitarnya, terutama perut. Akibatnya, AAA kerap menimbulkan sensasi berdebar-debar di perut.

 

Faktor Risiko Aneurisma Aorta Perut (AAA)

Meskipun asal muasal aneurisma aorta secara spesifik tidak diketahui, berbagai faktor risiko telah ditemukan. Elemen-elemen tersebut adalah sebagai berikut:

  • Merokok
    Perokok lebih mungkin terkena aneurisma aorta dibandingkan bukan perokok.
  • Hipertensi
    Tekanan darah tinggi dapat merusak dinding aorta dan meningkatkan kemungkinan terjadinya aneurisma.
  • Genetika
    Peluang seseorang terkena aneurisma aorta dapat meningkat jika memiliki riwayat keluarga dengan penyakit tersebut.
  • Usia
    Risiko aneurisma aorta meningkat seiring bertambahnya usia. AAA lebih mungkin menyerang orang lanjut usia atau mereka yang berusia di atas 60 tahun. Hal ini karena dinding pembuluh darah Anda semakin lemah seiring bertambahnya usia.

 

Apa Saja Tanda-tanda Aneurisma Aorta Perut (AAA)

Sensasi berdenyut atau berdenyut di perut, terutama di pusar, merupakan salah satu gejala yang paling khas. Denyut-denyut ini sering kali ditandai dengan sensasi detak jantung di perut. Pasien AAA mungkin mengalami nyeri menusuk di perut atau punggung bagian bawah. Ketidaknyamanan ini mungkin menetap atau hilang timbul. Gejala AAA lain yang tidak biasa dan terkadang tumpang tindih dengan gangguan lain termasuk mual, muntah, kurang nafsu makan, dan perubahan kebiasaan buang air besar.

Ketidaknyamanan di perut yang dimulai secara tidak terduga dan memburuk merupakan indikasi bahwa AAA telah pecah. AAA yang pecah adalah keadaan darurat medis yang memerlukan perhatian medis segera. Rasa sakitnya sering kali ditandai dengan rasa sakit yang sangat parah, dan dapat diikuti dengan mual, muntah, dan pingsan. Tubuh akan merespons stres akibat pecahnya AAA dengan menjadi lembap, berkeringat, atau pucat. Karena detak jantungnya lebih cepat, penderita AAA yang pecah mungkin mengalami jantung berdebar.

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro