Kenapa Mual Bisa Terjadi

November 1, 2023 by RSI A.YANI
artikel-90.png

Mual merupakan mekanisme perlindungan yang menimbulkan sensasi tidak enak pada perut dan membuat seseorang ingin muntah. Perut yang sakit juga bisa menyebabkan seseorang memuntahkan isi perutnya. Namun muntah tidak selalu disertai rasa mual. Mual seringkali merupakan penyakit ringan, namun terkadang bisa disebabkan oleh kondisi yang lebih serius, seperti batu ginjal. Mual dapat dipicu oleh berbagai faktor, antara lain mabuk laut, stres atau gugup, keracunan makanan, atau mengonsumsi obat-obatan tertentu yang menimbulkan efek samping mual.

Selain itu, mual dapat dikaitkan dengan berbagai kondisi berbeda, yang gejalanya dapat menimbulkan masalah besar jika tidak ditangani. Penyakit hormonal, seperti menstruasi atau kehamilan, juga bisa menyebabkan mual. Mual bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari suatu gangguan tertentu. Mual adalah mekanisme pertahanan yang memperingatkan tubuh bahwa ia sedang diserang oleh patogen atau racun.

 

Penyebab Mual

Mual bisa disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain syok, keracunan makanan, efek obat atau hormon, atau awal kehamilan. Berikut beberapa penyebab mual dan gejalanya:

  • Sakit maag dan refluks asam
    Sakit maag dan asam dapat menyebabkan isi lambung naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa mual.
  • Infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus
    Mual dapat disebabkan oleh penyakit virus dan bakteri. Bakteri ini mungkin masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang tertelan. Hal ini juga dikenal sebagai keracunan makanan.
  • Obat-obatan
    Beberapa obat, seperti pengobatan kemoterapi yang digunakan untuk mengobati kanker, dapat menyebabkan mual. Untuk menghindari rasa mual akibat konsumsi obat, perhatikan komponen dan cara penggunaan obat.
  • Mabuk perjalanan
    Mabuk perjalanan dapat diperburuk oleh jalan yang berkelok-kelok dan kasar. Hal ini terjadi ketika pesan yang masuk ke otak tidak sesuai dengan sensasi sensorik.
  • Penyakit tertentu
    Mual bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, termasuk pankreatitis akut, batu empedu, dan batu ginjal.

 

refrensi : kemenkes

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Customer Care Kami. Siap membantu!
Assalamu'alaikum, Apa yang bisa kami bantu?