Yuk, Minum Air Putih Setalah Bangun Tidur

February 1, 2024 by RSI A.YANI
artikel.png

Minum air adalah salah satu praktik yang paling sering disarankan setelah bangun tidur. Alasannya adalah praktik sederhana ini memiliki beberapa manfaat kesehatan. Air adalah komponen penting yang menyumbang 50-60% komposisi tubuh Anda. Air memiliki beberapa kegunaan dalam tubuh, antara lain melancarkan pencernaan, menjaga keseimbangan suhu tubuh, dan membantu ginjal dalam membersihkan limbah dari tubuh.

Secara umum, semua organ tubuh memerlukan air agar dapat berfungsi secara efektif. Itu sebabnya Anda harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup. Salah satu waktu terbaik untuk minum air adalah ketika Anda bangun tidur.

 

Apa Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kita harus minum air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan memastikan organ tubuh berfungsi dengan baik. Sayangnya, banyak orang yang kurang mengonsumsi air.

Selain itu, minum air putih setelah bangun tidur juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, antara lain:

  • Mengontrol keinginan makan Anda
    Saat bangun tidur, Anda mungkin sering merasa lapar. Hal ini biasa terjadi karena perut Anda kosong sepanjang malam. Meski begitu, rasa lapar bisa menyebabkan makan berlebihan saat sarapan.
    Minum air setelah bangun tidur mungkin membantu Anda menahan keinginan untuk makan berlebihan. Sebab, mengonsumsi air putih akan mengisi lambung dan meregangkan dinding lambung sehingga menimbulkan dampak kenyang.
  • Menghilangkan racun dari dalam tubuh
    Minum air putih setelah bangun tidur memiliki manfaat tambahan yaitu membuang limbah berbahaya dari metabolisme tubuh dari malam sebelumnya. Racun tersebut pada akhirnya akan dikeluarkan melalui urin.
  • Menjaga kulit tetap sehat dan cantik
    Minum air setelah bangun tidur mungkin dapat membantu tubuh dan kulit tetap terhidrasi. Padahal, perilaku tersebut disebut dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan menjaga kelembapan wajah.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
    Minum air putih setelah bangun tidur juga disebut dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori. Beberapa ahli bahkan merasa bahwa perilaku ini akan membantu Anda menurunkan berat badan.
  • Meningkatkan produktivitas
    Minum air putih setelah bangun tidur dapat meningkatkan energi dan membuat tubuh terasa segar. Dengan begitu, Anda akan lebih produktif. Namun perlu diingat bahwa Anda juga memerlukan asupan kalori sebagai sumber energi yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan bergizi untuk sarapan.
    Selain itu, agar tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari, minumlah air putih minimal 8 gelas setiap hari. Jika tubuh terhidrasi dengan cukup, rasa pusing saat bangun tidur bisa diatasi dan lebih fokus serta lebih mudah berkonsentrasi sehingga produktivitas kerja pun akan meningkat.

 

Jika Anda memiliki keluhan kesehatan dan membutuhkan penanganan untuk penyakit yang Anda alami, Anda bisa berkunjung ke RSI A. Yani agar segera mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyakit Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi kami di:

  • (031) 8284505

Atau Anda bisa mengunjungi RSI A. Yani di Jl. Achmad Yani No.2-4, Wonokromo, Surabaya

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro