Departemen

Spesialis Alergi



Spesialis Alergi

Konsultasi alergi adalah konsultasi dengan dokter spesialis alergi atau imunolog (ahli imunologi). Bisa dilakukan sebagai konsultasi awal ataupun lanjutan. Konsultasi ini sangat dianjurkan bagi pasien bagi pasien yang mengalami gejala-gejala alergi atau pasien yang berisiko terkena alergi, sehingga membutuhkan perawatan pencegahan


Kondisi alergi yang dialami setiap orang pun bisa berbeda-beda. Meski terdengar sepele, alergi adalah kondisi yang bisa menjadi serius bagi beberapa orang. Itulah sebabnya penting untuk memeriksakan diri ke dokter, jika mengalami gejala alergi.

Untuk menangani masalah alergi, dokter umum dapat memberi rujukan pada dokter ahli alergi imunologi. Seperti namanya, dokter ahli imunologi adalah dokter yang berfokus menangani alergi, asma, dan gangguan imunitas tubuh.

Umumnya, kamu akan dirujuk ke dokter ahli alergi imunologi jika mengalami kondisi berikut ini:

• Memiliki gejala alergi, seperti gatal-gatal dan ruam pada kulit, hidung tersumbat, bersin-bersin, mengi, mual dan muntah, diare, atau sesak napas, setelah mengonsumsi atau berkontak dengan zat pemicu alergi.
• Memiliki anggota keluarga yang mengidap alergi.
• Sering terserang infeksi infeksi tertentu, misalnya sinusitis.

Secara lebih spesifik, berikut ini beberapa penyakit yang ditangani oleh dokter ahli alergi imunologi:

• Alergi Obat
Meski tujuannya mengobati atau meredakan gejala penyakit, beberapa orang dapat mengalami alergi terhadap obat-obatan tertentu. Gejala yang timbul bisa ringan hingga berat dan membutuhkan penanganan serius.

• Alergi Makanan
Seperti namanya, alergi makanan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menganggap zat tertentu dalam makanan sebagai sesuatu yang berbahaya. Gejala yang ditimbulkan oleh alergi makanan dapat berupa gatal dan ruam pada kulit, sakit perut, mual, muntah, diare, hidung tersumbat, dan sesak napas.



• Alergi Debu
Alergi debu terjadi ketika menghirup udara yang bercampur dengan debu, kotoran tungau, serbuk sari tanaman, spora jamur, atau bulu hewan yang menjadi zat pemicu alergi. Kondisi ini bisa menyebabkan rhinitis alergi dan asma.

• Eksim Atopik
Eksim atopik ditandai dengan gejala berupa gatal-gatal, kering, dan bersisik pada kulit. Meski lebih sering terjadi pada bayi, kondisi ini juga dapat dialami oleh orang dewasa.

• Sinusitis
Sinusitis terjadi ketika rongga hidung mengalami infeksi atau peradangan. Gejalanya dapat berupa pilek berkepanjangan, ingus yang berwarna hijau atau bening, batuk-batuk, dan demam.

• Penyakit Autoimun
Penyakit ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan tubuh sendiri. Beberapa jenis penyakit autoimun yang umum terjadi adalah psoriasis, hepatitis autoimun, penyakit Crohn, multiple sclerosis, diabetes tipe 1, lupus, dan skleroderma kulit.

Tidak seperti pilek, penyakit alergi bukanlah kondisi yang bisa “dilupakan” begitu saja oleh seseorang. Dokter spesialis penyakit dalam alergi dan imunologi akan memberikan rekomendasi pengelolaan supaya pengidapnya bisa beradaptasi terkait kondisi yang dialami dan mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Untuk itu, dokter spesialis ini akan secara akurat mengambil riwayat pasien secara menyeluruh. Termasuk informasi tentang gejala, riwayat keluarga, dan lingkungan rumah dan tempat kerja.


DOKTER KAMI



dr. Fuad Amsyari, Ph.D


















MOTO


Hidup bahagia dengan mengetahui cara merawat kesehatan

Lihat Jadwal Praktek

Cek jadwal praktek dokter terbaru kami dengan klik link disamping

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro