Apa Itu Alzheimer

March 10, 2023 by RSI A.YANI
Alzheimer.png

Penyakit Alzheimer adalah penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku. Penyakit ini bisa memburuk seiring waktu sehingga membuat penderitanya tidak mampu lagi melakukan pekerjaan sehari-hari. Penyakit Alzheimer bisa berkembang seiring berjalannya waktu dan memengaruhi beberapa fungsi otak. Pada tahap awal, penderitanya akan mengalami gangguan daya ingat bersifat ringan, seperti tidak mengingat nama benda, percakapan, atau peristiwa yang belum lama terjadi. Seiring berjalannya waktu, penyakit Alzheimer bisa bertambah parah. Penderita kondisi ini bisa mengalami linglung atau cemas, serta selalu curiga terhadap orang lain. Penyakit Alzheimer umumnya terjadi pada seseorang yang berusia di atas 60 tahun.

Penyebab Alzheimer

Penyakit Alzheimer bisa terjadi dikarenakan terganggunya kenerja sel saraf otak yang disebabkan oleh penumpukan protein abnormal. Dalam jangka panjang, otak akan kehilangan beragam fungsi, seperti mengontrol pikiran, memori, dan bahasa. Selain itu penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Alzheimer juga dipicu oleh beberapa faktor lain seperti :

  • Lingkungan
  • Genetik
  • Pola hidup

Gejala Alzheimer

Gejala penyakit Alzheimer bisa bervariasi pada setiap penderitanya. Namun, gejala yang umum terjadi adalah kesulitan dalam berkomunikasi, serta kesulitan dalam mengenali wajah orang di sekitarnya, termasuk keluarga dan teman. Penderita penyakit Alzheimer juga kerap mengalami depresi atau delusi.

Pengobatan Alzheimer

Sampai saat ini, belum ada metode untuk menyembuhkan penyakit Alzheimer. Akan tetapi, obat-obatan seperti rivastigmine bisa memperlambat perburukan gejala yang dialami penderita penyakit Alzheimer. Pengobatan yang juga bisa menjadi sarana pengobatan yaitu psikoterapi antara lain terapi stimulasi kognitif.

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

Powered by Markbro 2023. All rights reserved.