Cacar Air

April 27, 2023 by RSI A.YANI
cacar-air.png

Cacar air adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus Varicella zoster. Penyakit ini ditandai bentol-bentol berisi cairan yang terasa sangat gatal di seluruh tubuh. Cacar air (chickenpox) pernah menjadi penyakit yang umum terjadi pada anak-anak. Namun, setelah vaksinasi cacar air dilakukan sejak tahun 1990-an, kasus cacar air mulai berkurang secara bertahap. Penyakit ini lebih banyak terjadi pada anak berusia 12 tahun kebawah.

Penyebab Cacar Air

Penyebab utama cacar air adalah virus Varicella zoster. Virus ini dapat ditularkan dengan mudah melalui percikan ludah. Beberapa faktor lain yang meningkatkan terkena cacar air adalah belum pernah menderita cacar air sebelumnya dan juga belum pernah menerima vaksin cacaran air.

Gejala Cacar Air

Gejala dari cacar air muncul saat hari 10-21 hari setelah terpapar virus Varicella zoster. Gejala paling umum muncul adalah adanya bentolan kemerahan yang berisi cairan di sekujur tubuh. Selain gejala tersebut ada juga keluhan lain yang muncul 2 hari sebelum betolan tersebut muncul, seperti :

  • Demam
  • Sakit tenggorakan
  • Hilang nafsu makan
  • Sakit kepala
  • Lemas

Pengobatan Cacar Air

Cacar air biasanya akan sembuh setelah 5-10 hari jika daya tahan tubuh penderita membaik. Pengobatan cacar air bertujuan untuk mengurangi keparahan gejala. Pengobatan dilakukan dengan atau tanpa bantuan obat. Pencegahan cacar air adalah dengan menerima vaksin varicella.

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

Recent Posts

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro