Hidung Tersumbat? Begini Cara Mengatasinya!

January 12, 2024 by RSI A.YANI
artikel-2024-01-12T113630.013.png

Hidung yang tersumbat mungkin sungguh tidak menyenangkan bukan? Namun, tak perlu khawatir karena mengobati hidung tersumbat tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Masalah ini dapat diatasi dengan melakukan banyak perawatan mandiri di rumah.

Hidung tersumbat terjadi ketika jaringan dan pembuluh darah di sekitar hidung membengkak akibat infeksi atau peradangan. Hal ini dapat mengganggu proses pernapasan sehingga mengakibatkan keluaran cairan berlebihan, batuk, dan sakit tenggorokan.

Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi virus, paparan alergen, atau masuknya benda asing. Hidung tersumbat juga bisa merupakan keluhan kehamilan, efek samping obat-obatan tertentu, atau indikasi suatu penyakit seperti sinusitis, polip hidung, atau penyimpangan septum.

 

Bagaimana Cara Menangani Hidung Tersumbat

  • Hirup uap hangat
    Menghirup uap hangat mungkin dapat membantu mengurangi hidung tersumbat dan masalah pernapasan. Caranya, cukup siapkan wadah berisi air hangat, lalu dekatkan wajah Anda di dekat wadah tersebut dan hirup uapnya. Namun, Anda harus berhati-hati saat menggunakan strategi ini. Jangan biarkan uap air panas membakar wajah Anda. Alternatifnya, mandi air hangat atau cuci muka dengan waslap yang dibasahi air hangat.
  • Posisikan kepala lebih tinggi saat berbaring
    Hidung yang tersumbat mungkin membuat Anda sulit bernapas dan menyebabkan Anda tidur nyenyak. Nah, untuk membantu Anda tertidur dan bernapas lebih lega, tinggikan kepala saat tidur. Gunakan bantal tambahan untuk membantu menopang kepala dan bahu Anda.
  • Minum banyak air
    Anda mungkin sadar bahwa minum air dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Minum air putih yang cukup dapat membantu mengencerkan lendir di hidung sehingga lebih mudah dikeluarkan. Anda dapat menghindari berbagai masalah kesehatan, termasuk dehidrasi, dengan minum banyak cairan.
  • Gunakan pelembab udara
    Humidifier dapat membantu mencegah hidung Anda semakin tersumbat, terutama jika Anda memiliki AC atau AC di kamar Anda. Alat ini dapat membantu menjaga kelembapan udara dan membatasi penyebaran debu di udara, sehingga membuat saluran pernafasan lebih terbuka dan pernapasan menjadi lebih mudah.
  • Cuci hidung Anda dengan air garam
    Selain menghilangkan debu dan partikel berbahaya dari saluran hidung, membersihkan hidung dengan air garam juga dapat membantu menghilangkan lendir. Untuk memulainya, campurkan 1 sendok teh garam dan sejumput soda kue ke dalam 2 gelas (500 mL) air hangat. Tuangkan larutan garam ke dalam wadah atau botol khusus, yang bisa dibeli di toko obat atau apotek. Miringkan kepala Anda dan arahkan corong botol ke salah satu sisi hidung Anda. Lalu, semprotkan secara agresif hingga cairan keluar melalui lubang hidung yang berlawanan. Untuk efek terbaik, bersihkan hidung Anda dengan air garam tiga hingga empat kali setiap hari.
  • Mengkonsumsi obat-obatan
    Obat-obatan, seperti dekongestan dalam bentuk obat semprot hidung atau tablet, dan antihistamin, juga dapat membantu meringankan hidung tersumbat. Jika Anda sedang hamil, menyusui, atau memiliki masalah kesehatan tertentu, pastikan Anda meminum resep sesuai petunjuk pada kemasan, atau kunjungi dokter terlebih dahulu untuk menentukan dosis yang aman.

 

Jika Anda memiliki keluhan kesehatan dan membutuhkan penanganan untuk penyakit yang Anda alami, Anda bisa berkunjung ke RSI A. Yani agar segera mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyakit Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi kami di:

  • (031) 8284505

Atau Anda bisa mengunjungi RSI A. Yani di Jl. Achmad Yani No.2-4, Wonokromo, Surabaya

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro