Pengenalan Tentang SWAMEDIKASI

June 19, 2024 by RSI A.YANI
artikel-2024-06-19T141409.310.png

Swamedikasi adalah upaya masyarakat untuk mengobati diri sendiri dengan memilih dan menggunakan obat untuk penyakit atau gejala dengan menggunakan obat yang disetujui, mudah diakses, dan aman untuk digunakan. Swamedikasi dimaksudkan untuk meningkatkan kesehatan, membantu sakit ringan, dan mengobati penyakit kronis jangka panjang.

Beberapa contoh penyakit ringan yang umum dialami oleh masyarakat adalah demam, nyeri, pusing, batuk, pilek, masalah pencernaan, cacingan, dan penyakit kulit. Swamedikasi biasanya digunakan untuk mengatasi keluhan-keluahan dan penyakit ringan lainnya.

Obat bebas, obat bebas terbatas, obat wajib apotek, dan obat tradisional adalah beberapa contoh obat yang dapat digunakan secara swamedikasi atau sebagai bagian dari perawatan mandiri untuk mempertahankan kesehatan, mencegah, atau mengatasi gejala penyakit. Meskipun demikian, melakukan swamedikasi bukan berarti mengambil obat secara mandiri.

Dengan swamedikasi yang tepat, biaya kesehatan akan turun. Namun, kondisi kesehatan masyarakat secara keseluruhan akan terancam oleh praktik yang tidak tepat. Oleh karena itu, di arena itu, masyarakat diharapkan untuk melakukan pengobatan secara mandiri. Jika gejala Anda tidak membaik atau sembuh dalam waktu tiga hari, segera kunjungi dokter di sekitar Anda untuk mendapatkan perawatan yang tepat untuk kondisi Anda. Jika Anda mengalami gejala seperti sesak nafas, kulit kemerahan, gatal, bengkak di area tertentu, mual, dan muntah, itu mungkin efek samping pengobatan atau alergi obat. Oleh karena itu, segera hubungi dokter jika gejala muncul untuk mendapatkan perawatan.

 

Jika Anda memiliki keluhan kesehatan dan membutuhkan penanganan untuk penyakit yang Anda alami, Anda bisa berkunjung ke RSI A. Yani agar segera mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyakit Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi kami di:

  • (031) 8284505

Atau Anda bisa mengunjungi RSI A. Yani di Jl. Achmad Yani No.2-4, Wonokromo, Surabaya

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro