Manfaat Deker Lutut untuk Orang Tua yang Menderita OA

June 20, 2024 by RSI A.YANI
artikel-2024-06-20T134154.824.png

Pernahkah Anda mengalami nyeri di bagian tubuh Anda, terutama di lutut? Karena lutut tidak dapat menumpu berat badan, nyeri lutut dapat mengganggu aktivitas seseorang. Beberapa penyakit, seperti cedera, robeknya ligamen, patah tulang, penyakit asam urat, rheumatoid arthritis, infeksi, kanker pada lutut, dan osteoarthritis (OA), lebih sering menyebabkan nyeri pada lutut pada wanita.

Peradangan kronis pada tulang rawan persendian disebut osteoarthritis (OA). Ini menyerang sendi panggul, lutut, dan punggung, tetapi lebih banyak terjadi pada sendi lutut karena ini adalah persendian terbesar yang berfungsi untuk menumpu berat badan. Ada beberapa penyebab nyeri lutut karena osteoarthritis (OA), termasuk usia, obesitas, aktivitas yang berat pada lutut, dan peradangan, pembengkakan, kekakuan, crepitation, atau bunyi lutut saat berjalan.

Untuk mengobati osteoarthritis (OA) dengan tindakan non operasi atau operasi pada kasus OA yang sudah parah. Tindakan non operasi termasuk perubahan gaya hidup, fisioterapi, menjaga berat badan ideal, berolahraga, obat anti nyeri, dan menggunakan deker lutut untuk mengurangi nyeri.

 

Jenis Deker Lutut

Deker lutut adalah alat yang dipasang pada lutut yang terbuat dari bahan kaku atau elastis. Ada tiga jenis deker lutut: biasa, dengan bar, dan pasca operasi.

  • Deker Lutut Normal
    Untuk memberikan rasa hangat dan nyaman pada lutut, deker lutut biasa dibuat dari bahan yang elastis.
  • Deker Lutut yang Memiliki Bar
    Deker jenis ini, yang terbuat dari bahan yang elastis, dipasang pada samping lutut dengan bar atau penyangga. Tujuannya adalah untuk mengurangi nyeri pada lutut, membatasi pergerakan, dan membantu menahan beban pada lutut.
  • Deker Lutut Terbaik Setelah Operasi
    Deker jenis ini dibuat kaku atau rigid untuk membatasi pergerakan lutut selama pemulihan setelah operasi.

Deker lutut mengurangi nyeri lutut dengan memberikan hangat di area lutut dan bar di sampingnya untuk membantu berdiri atau berjalan. Spesialis nyeri dapat membantu Anda menentukan berapa lama waktu yang tepat untuk menggunakan deker lutut. Sesuaikan jenis deker lutut dengan tingkat nyeri yang Anda alami dan ukuran sendi lutut Anda sebelum menggunakannya. Pastikan deker digunakan dengan benar jika Anda tidak melakukannya dengan benar, karena ini dapat menyebabkan masalah pada lutut Anda.

Apabila deker lutut basah setelah digunakan berulang kali, tidak perlu dicuci. Untuk mengeringkannya, jangan letakkannya langsung di bawah sinar matahari atau mesin pengering; sinar matahari dapat merusak elastis.

 

Jika Anda memiliki keluhan kesehatan dan membutuhkan penanganan untuk penyakit yang Anda alami, Anda bisa berkunjung ke RSI A. Yani agar segera mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyakit Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi kami di:

  • (031) 8284505

Atau Anda bisa mengunjungi RSI A. Yani di Jl. Achmad Yani No.2-4, Wonokromo, Surabaya

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro