Kaki Kesemutan, Bagaimana Cara Mengatasinya?

December 8, 2023 by RSI A.YANI
artikel-2023-12-08T112832.036.png

Tak seorang pun, terutama atlet, yang tampaknya tidak pernah mengalami kesemutan di tangan, lengan, dan kaki. Namun jika sensasi ini sering terjadi atau terus-menerus, sebaiknya Anda berhati-hati karena pemicunya mungkin tidak sedikit seperti yang Anda yakini. Gejalanya berupa mati rasa (mati rasa), kelemahan pada bagian tubuh tertentu, atau sensasi tertusuk jarum. Penjepit tersebut tidak hanya menekan saraf, tetapi juga mempersempit arteri sehingga membatasi suplai darah dan oksigen ke saraf. Hal inilah yang membuat tubuh mati rasa karena dikepung semut atau mengalami kesemutan.

Pengobatan kaki kesemutan harus disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya. Meski biasanya hilang dengan sendirinya, kesemutan di kaki bisa mengganggu dan menyulitkan melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan terapi yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Kaki kesemutan biasanya akan hilang ketika Anda menggeser postur kaki atau menggerakkan kaki. Namun, jika rasa tidak nyaman ini terus berlanjut dan berulang meski tidak ada pemicunya, bisa jadi itu merupakan indikasi suatu penyakit. Jika rasa kesemutan terus berlanjut dan memburuk, sebaiknya kita segera memeriksakan diri ke dokter.

 

Cara Mengatasi Kaki Kesemutan

Saat kaki kita kesemutan, kita mungkin mengalami mati rasa, nyeri terik, atau kesakitan seperti ditusuk jarum. Ada beberapa teknik mengatasi kaki kesemutan yang bisa Anda coba, antara lain:

  • Mengubah posisi
    Salah satu penyebab umum kesemutan pada kaki adalah terlalu lama berada dalam satu posisi tubuh. Untuk meredakan kesemutan akibat masalah ini, pertimbangkan untuk mengubah posisi tubuh untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan kesemutan.
  • Menggoyangkan telapak kaki
    Salah satu penyebab umum kesemutan pada kaki adalah terlalu lama berada dalam satu posisi tubuh. Untuk meredakan kesemutan akibat masalah ini, pertimbangkan untuk mengubah posisi tubuh untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan kesemutan.
  • Memijat kaki
    Langkah selanjutnya dalam mengatasi kaki kesemutan adalah dengan memijat kaki secara lembut. Kita bisa memijat kaki yang kesemutan selama beberapa detik hingga hilang. Karena dapat meredakan ketegangan otot dan melancarkan aliran darah, pendekatan ini dianggap bermanfaat dalam meredakan kesemutan.
  • Kenakan sepatu yang berukuran pas
    Mengenakan sepatu yang terlalu tipis bisa menyebabkan kesemutan dan mengganggu aliran darah di kaki. Jika hal ini menyebabkan kaki kesemutan, solusi terbaik untuk mengatasi kaki kesemutan adalah dengan melepas sepatu Anda dan menggantinya dengan sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki Anda.
  • Kenakan kaus kaki khusus
    Salah satu gejala neuropati diabetik yang paling umum adalah kesemutan di kaki. Neuropati diabetik adalah kerusakan saraf yang disebabkan oleh diabetes. Menggunakan kaus kaki yang dirancang khusus untuk melancarkan peredaran darah di kaki merupakan salah satu teknik untuk mengatasi kaki kesemutan akibat penyakit ini.
  • Merendam kaki
    Selain memakai kaus kaki khusus, memandikan kaki juga bisa membantu meringankan kaki kesemutan akibat neuropati diabetik. Air hangat yang dipadukan dengan garam atau minyak esensial, seperti peppermint atau kamomil, bisa digunakan untuk memandikan kaki yang kesemutan. Pastikan suhu air tidak terlalu panas sebelum memandikan kaki untuk menghindari cedera.
  • Mengkonsumsi suplemen vitamin B12
    Tubuh membutuhkan beragam vitamin, termasuk vitamin B12, untuk menunjang fungsi dan kesehatan saraf. Jika tubuh Anda kekurangan vitamin ini, kemungkinan besar Anda akan mengalami neuropati perifer atau masalah saraf lainnya. Kesemutan pada kaki merupakan salah satu gejala dari kondisi ini.
  • Mengkonsumsi obat antinyeri
    Untuk meringankan rasa tidak nyaman akibat peradangan, obat anti nyeri yang dijual bebas seperti obat Anti Inflamasi Non Steroid (NSAID) dapat digunakan. Ibuprofen dan asam mefenamat adalah dua contoh NSAID yang biasa digunakan. Namun perlu diingat bahwa Anda harus selalu meminum resep ini dalam jumlah yang ditentukan.
  • Melakukan terapi fisik
    Jika kesemutan di kaki terjadi berulang kali dan dalam jangka waktu lama, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis saraf. Dokter kemudian dapat menentukan asal mula rasa kesemutan dan meresepkan pengobatan yang tepat, seperti pengobatan atau terapi fisik. Terapi digunakan untuk membantu memperkuat otot-otot di sekitar saraf yang rusak.
logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro