Jantung Ternyata Membutuhkan Asupan Air

December 6, 2023 by RSI A.YANI
artikel-2023-12-06T105414.826.png

Pernahkah Anda memikirkan betapa pentingnya air bagi tubuh kita, khususnya bagi organ tubuh kita? Karena 60% tubuh manusia terdiri dari air, maka air merupakan kebutuhan vital dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, ada kemungkinan untuk berargumentasi bahwa air adalah sumber kehidupan, bukan sekadar alat pelepas dahaga. Air juga penting untuk kesehatan organ tubuh Anda, terutama jantung Anda. Kami akan membahasnya secara mendalam di postingan ini untuk memahami mengapa konsumsi air yang tepat sangat penting untuk kesehatan jantung Anda.

Jantung adalah pompa darah kehidupan tubuh, seperti yang kita ketahui bersama. Seluruh sistem tubuh kita akan terpengaruh dan terancam jika kita tidak memiliki jantung yang sehat. Setiap hari, jantung bekerja tanpa henti untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Memberikan oksigen dan nutrisi lain yang diperlukan untuk kehidupan setiap individu. Di balik kinerja luar biasa ini terdapat bahan sederhana yang sering kita abaikan yaitu air.

 

Manfaat Air Bagi Jantung

Inilah pentingnya air bagi kesehatan jantung:

  • Tekanan Darah Normal
    Air sangat penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, terutama garam dan kalium. Elektrolit menjamin sel dan organ berfungsi dengan baik, oleh karena itu mengontrol kadar elektrolit sangat penting bagi tubuh. Keseimbangan elektrolit dalam tubuh memiliki beberapa fungsi, salah satunya membantu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil dan dalam kisaran normal. Tekanan darah yang stabil dan normal sangat penting bagi kesehatan jantung, karena tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada dinding pembuluh darah sehingga menambah beban jantung.
  • Cairan Fungsi Seluler
    Setiap sel dalam tubuh kita membutuhkan air yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik. Ini termasuk sel jantung kita. Cairan seluler dalam jumlah yang cukup membantu fleksibilitas sel otot jantung dan memungkinkan kontraksi dan relaksasi yang efektif. Inilah yang memungkinkan jantung bekerja tanpa henti tanpa menjadi lelah.
  • Penghapusan Racun
    Jantung bekerja sama dengan organ tubuh lainnya, khususnya ginjal, untuk membuang produk limbah (zat sisa metabolisme tubuh). Bahan limbah tersebut selanjutnya diangkut ke ginjal melalui cairan dalam tubuh dan dikeluarkan atau dikeluarkan melalui urin. Kekurangan cairan, seperti dehidrasi, dapat meningkatkan beban pada ginjal sehingga mempengaruhi fungsi jantung.
  • Penghindaran Gumpalan Darah
    Darah dengan kekentalan rendah, atau “encer”, dapat membantu menghindari terjadinya penggumpalan darah yang berpotensi fatal. Saat tubuh mengalami dehidrasi, darah mengental sehingga meningkatkan kemungkinan pembentukan bekuan darah. Gumpalan darah bisa memicu serangan jantung atau stroke, yang keduanya bisa berakibat fatal.
logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro