Manfaat Berpuasa Bagi Tubuh

March 21, 2024 by RSI A.YANI
artikel-2024-03-21T135233.455.png

Manfaat puasa bagi kesehatan ada beragam, mulai dari menurunkan badan, menjaga kesehatan jantung, hingga memelihara kesehatan mental. Salah satunya adalah karena puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Untuk mengetahui manfaat puasa lebih jauh, simak artikel ini.

Selama ini, sebagian orang mungkin menganggap puasa merupakan salah satu ritual yang dijalani untuk memenuhi tuntutan agama atau tradisi semata. Namun, siapa sangka, di balik puasa terseimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, puasa juga kerap dilakukan sebagai salah satu metode diet yang disebut puasa interminten.

 

Apa yang Terjadi Pada Tubuh Saat Berpuasa

Tubuh mengalami perubahan selama berpuasa. Tubuh dapat berpuasa jika diberi asupan terlebih dahulu karena tubuh membutuhkan waktu enam hingga delapan jam untuk menyerap nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Oleh karena itu, sangat penting untuk makan sahur yang sehat sebelum memulai puasa, yang akan berlangsung dari terbit matahari hingga tenggelamnya matahari.

Tubuh menggunakan gula yang dihasilkan dari metabolisme karbohidrat atau gula yang disimpan di otot dan hati sebagai sumber energinya selama berpuasa. Jaringan lemak juga dapat diolah menjadi sumber energi seperti gula. Tubuh akan membakar protein otot untuk menghasilkan energi jika sumber energi tersebut tidak mencukupi. Fase kelaparan disebut sebagai fase terakhir. Ini hanya terjadi ketika seseorang berpuasa selama berhari-hari tanpa berbuka puasa.

Oleh karena itu, sangat penting untuk makan sahur yang bergizi sebelum berpuasa, yang berlangsung dari terbit matahari hingga tenggelamnya matahari. Selain itu, penting untuk memastikan bahwa Anda mengonsumsi cukup cairan selama berpuasa untuk menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan. Anda harus selalu minum air putih saat berbuka dan sahur. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa teh hitam, misalnya, dapat meningkatkan hidrasi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

 

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

  • Menjaga jantung sehat
    Orang yang rutin berpuasa selama sekitar satu bulan memiliki risiko yang lebih rendah untuk tekanan darah tinggi, kolestetrol tinggi, dan penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang tidak berpuasa, menurut beberapa penelitian. Ini diduga karena orang yang berpuasa dapat mengatur pola makannya dengan lebih sehat, termasuk mengurangi makanan tinggi lemak.
    Orang lain mungkin juga sering minum teh. Ketahuilah bahwa flavonoid dalam teh memiliki manfaat kesehatan. Dipercaya bahwa mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung flavonoid, seperti teh, dapat mencegah naiknya kadar lemak darah (kolesterol), mengurangi risiko diabetes, dan membantu memperbaiki peredaran darah.
  • Menurunkan risiko kanker
    Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa puasa membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker karena laju pembelahan sel tubuh, termasuk sel-sel kanker, akan berkurang karena asupan nutrisi yang berkurang.
    Metabolisme yang lebih baik juga diduga berkontribusi pada kemampuan sel kanker untuk berkembang pada orang yang berpuasa. Manfaat puasa ini, bagaimanapun, masih perlu diteliti lebih lanjut. Jangan lupa bahwa untuk mencegah kanker, Anda harus menjalani gaya hidup sehat, yang berarti makan makanan yang bergizi seimbang, istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, mengurangi stres, dan menghindari merokok dan minuman beralkohol.
  • Reduksi berat badan
    Puasa diketahui membantu menurunkan berat badan. Puasa juga membantu Anda menjaga berat badan ideal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh, yang berarti tubuh membakar lebih banyak kalori dan lemak. Ini dapat menyebabkan penurunan berat badan. Dengan cara ini, Anda juga akan menghindari risiko obesitas.
  • Menjaga kondisi mental
    Puasa baik untuk mental dan fisik. Karena itu, puasa dapat membantu mengurangi tingkat hormon stres atau kortisol, serta merangsang hormon endorfin yang baik untuk meredakan kecemasan. Ini mungkin karena efek puasa, yang dapat memperbaiki metabolisme tubuh. Selain itu, berpuasa akan membuat seseorang lebih dekat dengan Sang Pencipta. Hal ini dapat menenangkan perasaan dan suasana hati, membuat pikiran lebih jernih.
  • Menurunkan risiko diabetes
    Berpuasa juga menurunkan risiko diabetes, yang merupakan manfaat tambahan. Ini terkait dengan efek puasa yang dapat merangsang perbaikan metabolisme tubuh dan meningkatkan kinerja insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa puasa dapat membantu mencegah resistensi insulin dan menjaga kadar gula darah tetap stabil, yang dapat menurunkan risiko penyakit diabetes pada orang yang berpuasa.

 

Jika Anda memiliki keluhan kesehatan dan membutuhkan penanganan untuk penyakit yang Anda alami, Anda bisa berkunjung ke RSI A. Yani agar segera mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyakit Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi kami di:

  • (031) 8284505

Atau Anda bisa mengunjungi RSI A. Yani di Jl. Achmad Yani No.2-4, Wonokromo, Surabaya

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro