Mengenal Laser Holmium Untuk Penanganan Batu Ginjal

March 19, 2024 by RSI A.YANI
artikel-2024-03-19T094932.340.png

Terapi laser holmium dilakukan dengan menggunakan cahaya yang diperkuat yang distimulasi oleh emisi radiasi untuk menghancurkan batu ginjal di saluran kemih. Daya hancur cahaya yang kuat memungkinkan terapi dilakukan tanpa meninggalkan bekas luka operasi. Metode ini dilakukan dengan menggunakan peralatan dan kamera tertentu. Informasi lebih lanjut tentang prosedur terapi laser holmium di sini sebelum memutuskan untuk melakukannya.

 

Apa Itu Laser Holmium

Laser holmium adalah teknologi baru di bidang urologi. Dokter urolog melakukan prosedurnya sendiri dengan menggunakan seperangkat alat yang dimasukkan ke lubang kecil pada kulit. Kemudian, laser akan menghancurkan batu yang terbentuk di dalam kandung kemih, saluran kemih perut, atau ginjal.

Salah satu penyebab gangguan kemih adalah kelenjar prostat, yang dapat dikecilkan dengan laser. Tidak seperti prosedur bedah, prosedur ini tidak akan meninggalkan bekas di kulit. Prosedur ini dipilih oleh banyak orang sebagai pengobatan batu ginjal karena pemulihannya yang cepat dan aman.

Pada kasus batu saluran kemih di mana metode ESWL (extracorporeal shock wave lithotripsy) gagal, terapi laser holmium juga dapat dilakukan. Meskipun pemulihannya relatif singkat dan tanpa efek samping yang signifikan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Efek samping yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut:

  • Rasa terbakar dan perdarahan saat buang air kecil
  • Inkontinensia urine adalah ketika saluran kemih tidak dapat mengontrol aliran urinnya sendiri.
  • Ejakulasi retrograde adalah ketika cairan sperma tidak keluar saat ejakulasi.
  • Peningkatan atau penurunan fungsi ereksi

 

Jika Anda memiliki keluhan kesehatan dan membutuhkan penanganan untuk penyakit yang Anda alami, Anda bisa berkunjung ke RSI A. Yani agar segera mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyakit Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi kami di:

  • (031) 8284505

Atau Anda bisa mengunjungi RSI A. Yani di Jl. Achmad Yani No.2-4, Wonokromo, Surabaya

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro