Mau Tubuh Tetap Sehat Saat Berpuasa? Yuk, Berbuka Dengan Makanan Sehat!

March 13, 2024 by RSI A.YANI
artikel-2024-03-13T105910.718.png

Setelah berpuasa satu hari, Anda harus menyiapkan makanan berbuka puasa yang sehat. Salah satu kebiasaan baik untuk berbuka puasa adalah makan makanan sehat. Ini akan membuat Anda merasa lebih siap untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Untuk berbuka puasa, ada banyak pilihan makanan sehat, mulai dari buah-buahan dan sayuran hijau hingga gorengan dan manisan.

Namun, untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mengembalikan energi, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat. Selain dapat menyebabkan masalah pencernaan, salah mengonsumsi makanan saat berbuka juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Tidak menjaga pola makan yang sehat dapat menyebabkan diabetes dan tekanan darah tinggi.

 

Apa Saja Makanan Sehat yang Cocok untuk Berbuka Puasa

  • Kurma
    Memasuki bulan puasa, banyak orang menemukan buah kurma. Mengonsumsinya saat berbuka puasa bermanfaat karena mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh. Kurma mengandung kalori, serat, protein, dan vitamin B6 yang baik untuk kesehatan tubuh, dan mengandung karbohidrat sederhana yang dapat menjadi sumber energi untuk tubuh setelah berpuasa. Kandungan seratnya juga membuat Anda merasa kenyang lebih cepat, sehingga Anda tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan.
  • Daging ayam
    Makanan buka puasa yang baik adalah dada ayam tanpa kulit. Daging ayam panggang dapat dimakan bersama kentang rebus atau kentang tumbuk. Untuk memenuhi kebutuhan serat Anda, tambahkan salad sayur.
  • Ikan yang berlemak
    Hidangan berbuka puasa yang ideal adalah ikan. Ikan seperti salmon, sarden, atau tuna adalah jenis ikan yang mengandung lemak omega 3 yang aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja karena menawarkan protein dan vitamin B yang membantu Anda mengembalikan energi setelah berpuasa selama satu hari.
  • Telur
    Mengonsumsi telur saat berbuka puasa akan membuat Anda merasa kenyang lebih cepat, yang memungkinkan Anda mengatur porsi makan malam Anda dengan lebih sedikit.
  • Sayur hijau
    Ketika berbuka puasa, sayuran hijau, seperti bayam, sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung banyak protein dan antioksidan, yang akan membuat Anda merasa lebih bertenaga setelah seharian berpuasa. Anda dapat membuat sayuran hijau sebagai salad atau menambahkan lauk lain ke dalam menu Anda.
  • Pisang
    Pisang juga merupakan makanan sehat yang bagus untuk dikonsumsi saat berbuka puasa karena mengandung banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti gula alami dan serat.

 

Jika Anda memiliki keluhan kesehatan dan membutuhkan penanganan untuk penyakit yang Anda alami, Anda bisa berkunjung ke RSI A. Yani agar segera mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyakit Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi kami di:

  • (031) 8284505

Atau Anda bisa mengunjungi RSI A. Yani di Jl. Achmad Yani No.2-4, Wonokromo, Surabaya

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Customer Care Kami. Siap membantu!
Assalamu'alaikum, Apa yang bisa kami bantu?