Puasa Tapi Takut Dehidrasi? Penuhi Kebutuhan Cairan Dengan Cara Ini!

March 26, 2024 by RSI A.YANI
artikel-2024-03-26T140740.593.png

Semua orang yang beragama Islam diharuskan untuk tidak makan atau minum selama satu hari selama bulan Ramadhan. Selama berpuasa sepanjang hari, tubuh dapat kehilangan banyak cairan, menyebabkan dehidrasi. Untuk menghindari dehidrasi selama bulan Ramadhan, minum cukup air untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Disarankan untuk minum delapan gelas air setiap hari.

 

Cara Penuhi Cairan Tubuh Selama Puasa

Anda dapat mencoba menggunakan pola 2-4-2 untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda saat puasa, yaitu:

  • Dua gelas air putih untuk berbuka puasa
    Setelah beraktivitas seharian, minum air putih membantu tubuh mengembalikan cairannya. Biasakan untuk berbuka puasa dengan air putih baru sebelum makanan lainnya. Minumlah setidaknya dua gelas air putih setiap hari. Ada dua gelas: satu saat adzan Maghrib dan satu lagi saat adzan Isya.
  • Empat Gelas Air Putih untuk Makan Malam
    Kemudian disarankan untuk minum air putih secara teratur setiap malam hingga menjelang tidur. Anda harus minum empat gelas air putih setiap malam, dengan dua gelas sebelum makan dan dua gelas menjelang tidur. Ini akan membantu Anda mengunyah makanan dengan lebih baik.
  • Dua Gelas Air Putih untuk Sahur
    Saat sahur, setidaknya minum dua gelas air putih—satu saat bangun tidur dan satu lagi setelah makan sahur—untuk memberi energi tubuh selama puasa.

Dengan memenuhi kebutuhan cairan kita selama berpuasa, tubuh kita diharapkan tidak dehidrasi. untuk menjalankan puasa dengan sehat dan penuh energi. Selain itu, berpuasa bukan alasan untuk meninggalkan gaya hidup sehat, seperti makan makanan yang sehat dan melakukan aktivitas fisik ringan setiap hari. Puasa yang sehat, aktivitas yang menggembirakan, dan ibadah yang lebih intens.

 

Jika Anda memiliki keluhan kesehatan dan membutuhkan penanganan untuk penyakit yang Anda alami, Anda bisa berkunjung ke RSI A. Yani agar segera mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyakit Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi kami di:

  • (031) 8284505

Atau Anda bisa mengunjungi RSI A. Yani di Jl. Achmad Yani No.2-4, Wonokromo, Surabaya

logo putih-01-01-01

Kesembuhan datang dari Allah, keselamatan dan kepuasan pasien tanggung jawab kami

CopyRight, 2024 | Managed by Markbro